VISI
Visi Program Studi Matematika STKIP Meranti yang telah di tetapkan dalam suatu surat keputusan No.
17/STKIP.M/MTK/X/2016 tahun 2016 yakni: Menjadi salah satu program studi yang unggul dalam menghasilkan lulusan sarjana yang professional, berakhlak dan berdaya saing di bidang ilmu Pendidikan Matematika di Provinsi RIAU pada tahun 2025.
Penjelasan Visi :
1. Unggul pada IPTEKS berdasarkan kepada keguruan dalam Pendidikan Matematika.
2. Professional dalam bekerja sesuai dengan disiplin ilmu, berjiwa entrepreneur, bersikap kritis dan inovatif terhadap berbagai persoalan Pendidikan Matematika.
3. Berakhlak mulia dalam dunia pendidikan dan di lingkungan masyarakat.
4. Mampu berdaya saing dalam ilmu pendidikan matematika di Perguruan Tinggi Provinsi riau
MISI
Misi Prodi Pendidikan matematika adalah sebagai berikut:
1. Menyelenggarakan pendidikan akademik di bidang Pendidikan Matematika yang berlandaskan ketakwaan, berjiwa entrepreneur, kritis dan inovatif.
2. Menyelenggrakan penelitian dibidang ilmu pendidikan matematika yang unggul di Propinsi Riau.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis penelitian di bidang pengetahuan matematika.
4. Membangun kerja sama dengan Stakeholders dengan memamfaatkan SDM yang dimiliki oleh Prodi Pendidikan Matematika STKIP Meranti
TUJUAN
Tujuan Prodi Pendidikan matematika adalah sebagai berikut
1. Menghasilkan lulusan sarjana Pendidikan matematika yang berakhlak mulia, profesional dan mampu bersaing di dunia kerja.
2. Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan matematika yang relevan dengan perkembangan IPTEKS sehingga menghasilkan penelitian yang bermanfaat bagi lulusan dan masyarakat.
3. Melaksanakan kegiatan serta layanan pengabdain kepada masyarakat berbasis hasil penelitian dalam pendidikan matematika.
4. Melaksanakan Kerjasama dengan stakeholder . dengan memamfaatkan SDM yang dimiliki oleh Prodi Pendidikan Matematika STKIP Meranti
SASARAN
Didasarkan pada Resntra Prodi Pendidikan Matematika Pada Tahun
2015 – 2020, selanjutnya dibuatkan roadmap pencapaian sasaran
Prodi Pendidikan Matematika dengan capaian indikator sebagai berikut
Indikator dan Target sasaran prodi Matematika tahun 2015 - 2020
N o |
Indikato r |
Target Tahun Capaian |
||||
2015/20 16 |
2016/20 17 |
2017/20 18 |
2018/20 19 |
2019/20 20 |
||
1. |
IPK |
2.75 |
2.77 |
2.85 |
2.90 |
3.00 |
2. |
Lulusan |
0 |
0 |
0 |
80 |
100 |
3. |
Mahasis wa |
100 |
120 |
150 |
150 |
200 |
4. |
Dosen |
6 |
8 |
10 |
11 |
12 |
5. |
Penelitian |
0 |
2 |
3 |
3 |
6 |
6. |
Pengabdian Masyarakat |
0 |
1 |
1 |
3 |
5 |
Sasaran ketercapaian visi, misi dan tujuan Pendidikan Matematika pada tahun 2025 adalah:
1. Pencapaian prestasi akademik yang tinggi dengan cara meningkatkan rata-rata IPK dari 2.75 menjadi 3.00
2. Terserapnya lulusan di berbagai institusi baik pemerintah maupun swasta
3. Meningkatkan minat mahasiswa dalam bidang matematika dan ITC
4. Meningkatkan jumlah dosen dalam bidang Pendidikan matematika
5. Menghasilkan penelitian yang berkualitas untuk pengembangan ilmu Prodi Pendidikan Matematika STKIP Meranti
6. Mengembangkan program pengabdian masyarakat berbasis Matematika pada Prodi Pendidikan Matematika STKIP Meranti yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Strategi Pencapaian:
1. Mengoptimalkan proses pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas dengan memanfaatkan teknologi informasi dan sarana- prasarana yang ada
2. Meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa melalui kegiatan praktik mengajar
3. Meningkatkan kegiatan pameran, workshop, seminar dan sejenisnya dalam memperkenalkan Pendidikan matematika.
4. Memperbesar kesempatan Pendidikan studi lanjut bagi dosen Pendidikan Matematika
5. Mendorong keterlibatan dosen dalam memenangkan hibah penelitian baik dalam negeri maupun luar negeri termasuk yang dilaksakan oleh LL Dikti dan Kemenristekdikti
6. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen.
MATA KULIAH
Smt |
Kode MK |
Nama Mata Kuliah* |
|
sks MK dalam |
|
Kelengkapan**** |
|
|||
Bobot sks |
Kurikulum |
Bobot |
|
Unit/ Jur/ Prodi |
||||||
Inti* * |
Insti- tusional |
Tugas*** |
Deskrip Program studii |
Silabus |
SAP |
Penyelenggara |
||||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
(9) |
(10) |
(11) |
I |
MBB058 |
Ilmu Alamiah Dasar |
2 |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
Institusi |
|
MKB044 |
Filsafat Pendidikan |
2 |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
Institusi |
|
MPK005 |
Bahasa Indonesia |
2 |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
Institusi |
|
MPK004 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
Institusi |
|
MPK001 |
Pendidikan Pancasila |
2 |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
Institusi |
|
MPK003 |
Pendidikan Agama |
2 |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
Institusi |
|
MKK006 |
Aljabar Dasar |
2 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK009 |
Kalkulus-1 |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK014 |
Pengantar Dasar Matematika |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
II |
MPK002 |
Pendidikan Bahasa Inggris |
2 |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
Institusi |
|
MKB043 |
Pengantar Pendidikan |
3 |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
Institusi |
|
MKK013 |
Kimia Dasar |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKB045 |
Media Pembelajaran Matematika Berbasis |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK035 |
Dasar-dasar Pendidikan IPA |
2 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK010 |
Kalkulus-2 |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK007 |
Trigonometri |
2 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK012 |
Teori Bilangan |
2 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK016 |
Struktur Aljabar |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
III |
MBB057 |
Ilmu Sosial dan Budaya Dasar |
2 |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
Institusi |
|
MBB059 |
Komputer dan Pemograman |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK018 |
Fisika Dasar |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK024 |
Statistika Matematika 1 |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK011 |
Kalkulus Lanjut |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK015 |
Geometri Bidang dan Ruang |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK023 |
Statistik Elementer |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK041 |
Statistik Dasar |
3 |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
IV |
MKB050 |
Profesi Kependidikan |
2 |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK008 |
Teori Himpunan |
2 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK020 |
Geometri Analitik Bidang dan Ruang |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKB046 |
Telaah Kurikulum dan Analisis Buku Tes |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK025 |
Statistika Matematika 2 |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKB047 |
Perkembangan Peserta Didik |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK027 |
Analisis Riil1 |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK030 |
Persamaan Diferensial |
2 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
V |
MKB049 |
Evaluasi Program dan Hasil Pembelajaran Matematika |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK017 |
Geometri |
2 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
|
Transformasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MKK021 |
Kapita Selekta Matematika Sekolah Menengah |
2 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKB048 |
Strategi Belajar Mengajar Matematika |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK019 |
Pendidikan Kepramukaan |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK022 |
Aljabar Linier Elementer |
2 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK031 |
Program Linier |
2 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK028 |
Analisis Riil 2 |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK026 |
Matematika Diskrit |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
VI |
MKB052 |
Seminar Pendidikan Matematika |
2 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKB051 |
Pengembangan Program Pembelajaran Matematika |
2 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK034 |
Analisis Vektor |
2 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK029 |
Analisis Kompleks |
2 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKK033 |
Metode Numerik |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MKB042 |
Micro Teaching |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
|
MPB056 |
Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika |
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
VII |
MPB055 |
Praktek Lapangan Kependidikan |
4 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
VIII |
MKB053 |
Skripsi |
6 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
Program Studi |
Total sks |
144 |
|
|
|