PENGARUH PEMBELAJARAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS ISLAMIYAH SEGOMENG KECAMATAN RANGSANG BARAT

  • Siti Wahidah Program Studi Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti
  • Chantika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  pembelajaran metode Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Islamiyah Segomeng Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Islamiyah Segomeng Kecamatan  Rangsang Barat pada bulan Maret 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan sampling purposive. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa, yang terdiri atas 17 siswa pada kelas eksperimen dan 17 siswa pada kelas kontrol. Instrumen yang diberikan berupa tes yang terdiri dari beberapa soal uraian. Uji prasyarat yang digunakan adalah Uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh bahwa kedua populasi berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Discovery Learning terlihat nilai rata-rata hasil belajar matematika lebih tinggi, dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 83,64 dan rata-rata kelas kontrol adalah 73,47. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat  pengaruh model pembelajaran metode Discovery Learning  terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Islamiyah Segomeng Kecamatan Rangsang Barat.

DAFTAR PUSTAKA

Damanhuri Daud. 2006. Pemantapan Kemampuan Mengajar:Pekanbaru.Cendekia Insani

Mahmud.2011.Metode Penelitian Pendidikan.  Bandung:Pustaka Setia

Slameto.2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya.Jakarta:Rineka Cipta.

Suryosubroto. 2009. .Proses Belajar Mengajar Disekolah.Jakarta: Rineka Cipta

Nana Sudjana. 2013. Dasar-Dasar proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algen.sindo

 

Djaman Satori.2008.Profesi Keguruan.Jakarta: Universitas Terbuka

Nasution.2003.Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta:Bumi Aksara

Syahrilfudin.2006.Pemantapan Kemampuan Mengajar.Pekanbaru:Cendekia Insani

Asep Heri Hernawan.2010.Pokok Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Universitas Terbuka

Lazim.2006.Pemantapan Kemampuan Mengajar.Pekanbaru:Cendekia Insani

Anas Sudijono.2012.Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta:Raja Wali Pers

Published
2019-10-30
Section
Articles