PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HOREY DENGAN TEKNIK KERJA KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MA AL-MAARIF TEBING TINGGI BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

  • Nurhadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan Matematika
  • Dwi Septina Sari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan Matematika
Keywords: Course Review Horey (CRH), Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horey  dengan teknik kerja kelompok terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MA_AL Maarif tebing tinggi barat Kabupaten Kepulauan Meranti. Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Al-Maarif tebing tinggi Barat Semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 2 kelas, yang berjumlah 21 siswa pada masing-masing kelas. Sampel penelitian ini adalah kelompok eksperimen dengan Model Pembelajaran Course Review Horey dari kelas XI IPS2 sebanyak 21 siswa dan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional dari kelas XI IPS1 sebanyak 21 siswa. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa.. Observasi dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan dengan Model Pembelajaran Course Review Horey. Data tentang peningkatan hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar tes siswa setelah tindakan.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes”t” untuk sampel kecil (N yang tidak berkolerasi. Dari analisis data yang dilakukan dengan penerapan Model Pembelajaran Course Review horey diperoleh nilai to = 2,99 yang berarti lebih besar dari tt (to> tt) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu (2,22 < 2,99 > 2,72) sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika siswa yang mengunakan Model Pembelajaran Course Review Horey mengalami peningkatan yang lebih baik dari pada siswa yang mengunakan pembelajaran konvensional pada materi barisan.

Abstract

This study aims to determine the effect of learning model of Horey Course Review with Group work Techniques on student result of class XI MA AL-Maarif Tebing tinggi barat kabupaten kepulauan meranti. This Research Is Quasi Experimental Research and design used is Posttest-only Design with Nonequivalent Group The subject of this research is Class XI MA AL-Maarif Tebing Tinggi Barat.Populasi this research is student of class XI MA Al-Maarif high cliff West Semester 1 year lessons 2017/2018 as many as 2 classes, which amounted to 21 students in each class. The sample of this research is experimental group with Course Learning Model Horey from class XI IPS2 as many as 21 students and control group with conventional learning from class XI IPS1 as many as 21 students. So the total sample is 42 students.Data collection techniques used in this study is documentation to determine the state of the school, teachers and students .. The observation was done 3 times meeting with Learning Model Course Review Horey. Data on the improvement of students' learning outcomes was obtained through the student test sheet after the action. The data analysis technique used in this study was the "t" test for a small sample (N <30) that was not correlated. From the data analysis done by applying the Course Learning Model Review horey obtained value to = 2, 8 which means bigger than tt (to> tt) either at the significant level of 5% or 1% ie (2.12 <2.58> 2, 94) so ​​that null hypothesis is rejected and alternative hypothesis accepted.Based on the results of data analysis can be concluded that the improvement of mathematics learning outcomes of students who use the Learning Model Course Review horey experienced a better improvement than students who use conventional learning on the line material.

Keywords : Course Review Horey (CRH), Learning Outcomes, Matematiics Achievement

DAFTAR PUSTAKA

nitah, Sri. 2014. Strategi Pembelajaran di SD. Yogyakarta : Universitas Terbuka.

Daryanto. 2011. Administrasi pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Hartono. 2012.Statistik untuk Penelitian.Yogyakarta :Pustaka Belajar

Hermawan, Asep Herry. 2011. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

Komariah, Aan, Engkoswara, Ridwan. 2011. Administrasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta :Rajawali Pers.

Murshito, Joko. 2011. Mengajar Dengan Sukses ;Menciptakan Suasana riang Gembira dikelas. Jakarta :Pustaka Tunas Media.

Ngalimun. 2015. Strategi dan Media Pembelajaran. Sleman Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Ngalimun dkk. 2016. Strategi dan Media Pembelajaran. Sleman Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan : pendekatan kuatitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta : Bandung

Triwiyanto, Teguh. 2015. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Zariah, Nurul. 2007. Metodologi Penelitian sosial dan pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Published
2019-11-10
Section
Articles