PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL- ISTIQOMAH TEBING TINGGI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

  • Lismasari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan Matematika
  • Mayona Chantika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan Matematika
Keywords: Model Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Make a Match dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Al-Istiqomah Alah Air Selatpanjang. Dimana Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Istiqomah Alah Air Selatpanjang Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 2 kelas, yang berjumlah 20 siswa pada masing-masing kelas. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 40 siswa diperoleh dengan cara sampling pertimbangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Dokumentasi,Observasi dan Tes untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Observasi dilakukan oleh guru bidang studi. Observasi dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dengan Model Pembelajaran Make a Match. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes”t” diperoleh tobservasi besar dari hasil diperoleh p= 0.009 yang artinya p  jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Make a Match mengalami peningkatan yang lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi sistem operasi himpunan. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan mean kedua variabel, yang mana hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Make a Match  mengalami peningkatan signifikan dibangingkan hasil belajar siswa yang diajarkan secara konvensional, dimana mean peningkatan hasil belajar kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Make a Match  sebesar 83.2 dan mean peningkatan hasil belajar kelas konvensional sebesar 73.8

DAFTAR PUSTAKA

Lambas, dkk.2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika (buku 3

Ngalimun, 2015. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Nurhayati, 2016. Model-Model Pembelajaran Mengembang kan Profesionalisme guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Putra Udin Winata, dkk (2007). Strategi belajar mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka.

Razak, Abdul. (2010;105) Penelitian Kependidikan “Deskripsi, Eksposisi, dan Argumenrasi”. Pekanbaru : Autografika.

Rusman, 2016. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning :Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : PustakaPelajar.

Sanjaya, Wina,2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Penerbit Prenada media Group.

Sugiyono. (2016;124. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi. (2014;124). Prosedur penelitian, rinekacipta

Taufiq, Agus, dkk, 2014. PendidikanAnak di SD. Tangerang Selatan :Universitas terbuka.

Hartono. (2006;178) Statistik untuk pendidikan penelitian. Pekanbaru Pustaka Belajar

Huda, Miftahul. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yokyakarta: PT Pustaka Belajar

Hamalik, Oemar, 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Published
2019-11-10
Section
Articles