PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS DARUL IHSAN TELUK BELITUNG KECAMATAN MERBAU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

  • Sri Paty Yani Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan Matematika
  • Dwi Septina Sari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan Matematika
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Matematika

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh nilai siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran  kooperatif tipe pair check Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Darul Ihsan Teluk Belitung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Pretestdan Posttest sampel dalam penelitian ini adalah 48 siswa yang terdiri dari 24 siswa untuk masing-masing kelas eksperimen dan 24 siswa untuk kelas kontrol. Setelah diberi perlakuan diperoleh nilai tes hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan operasi aljabar. Hasil peneilitan mengungkapkan bahwa model  pembelajaran  kooperatif tipe pair check berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa. Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran  kooperatif tipe pair checksebesar 83,96 sedangkan rata-rata hasil belajar matemattika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional sebesar 70,21. Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung> ttabel (3,788 > 2,021). Sehingga rata-rata hasil belajar matematika siswa diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe pair check lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika siswa  yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

Abstract

This research was experiment instigated by student score that was low. It aimed at increasing student learning achievement and knowing the effect of Model Cooperative Learning Model Pair Checks Type to Student Mathematics Learning Outcomes VIII MTs Darul Ihsan Teluk Belitung Merbau District Meranti Island District. Pretest and posttest design was used in this research. The  Sample for this research is are 48 student consist of 24 students for each of experimental group and of 24 control group student.  After being given treatment obtained the test scores of students mathematics learning outcomes at the subject of triangle. The result of research revealed that there is effect of cooperative learning model pair checks type to students mathematics learning outcomes. The student who taught with cooperative learning model pair checks type have mean score of students mathematics learning outcomes is 83,96 but the students who taught wiyh conventional learning model is 70,21. Base on statistic resulted thitung>> ttabel (3,788 > 2,021). So the students who taught with have cooperative learning model pair checks type mean score of students mathematics learning outcomes higher than who taught with conventional learning model.

Keywords : Cooperative Learning, Mathematics

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soyomukti, Nurani. 2013. Teori-Teori Pendidikan. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Vancleave, Janice. 2003. MATH FOR EVERY KID. Bandung: PT Intan Sejati.

Purwanto, 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Suprihatiningrum, Jamil. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Alma, Buchari. 2005. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta Bandung.

Danarjati, Dwi Prasetia, dkk. 2013. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Subana, dkk. 2015. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Rusman, 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrasindo Perkasa

Prawira, Purwa Atmaja. 2011. Psikilogi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Zakaria, Effandi. 2007. Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematika. Kuala Lumpur: Prin-Ad Sdn.Bhd

Published
2019-11-10
Section
Articles