PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TEBING TINGGI

  • Susi Gusmarita Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan matematika
  • Dwi Septina Sari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan matematika
Keywords: Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB), Hasil Belaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas VII SMP Negeri 2 Tebing Tinggi.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Dimana populasi dari penelitian ini adalah siswakelas VII SMP Negeri 2 Tebing Tinggi yang berjumlah 7 kelas. Sedangkan Sampel dari penelitian ini adalah kelompok eksperimen dari kelas VII.3 dengan model PBL yang berjumlah 29 siswa dan kelompok Kelas Kontrol dari kelas VII.2 yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Dari tes yang dilakukan pada pertemuan terakhir di peroleh nilai Signifikan test “t” 0,01 yang berarti lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 (0,01 < 0,05) sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Strategi SPPKB mengalami peningkatan yang lebih baik dibandingkan siswa yang tidak menggunakan Strategi SPPKB Ini dapat dilihat dari perbedaan mean antara kedua kelas variabel dimana mean kelas eksperimen yang menggunakan Strategi SPPKB sebesar 87,75 dan mean dari kelas kontrol sebesar 78,79.

Kata kunci : Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB), Hasil Belajar.

Abstract

This study aims to determine the effect of SPPKB of learning outcomes of students in the subjects of mathematics class VII SMP Negeri 2 Tebing Tinggi. This research is an experimental research. Where the population of this study is class VII SMP Negeri 2 Tebing Tinggi which requires 7 classes. While the sample of this research is experimental group of class VII.3 with model of compact SPPKB 29 students and group. Data completion technique done in this research is observation and test. From the tests conducted at the last meeting at the end of the "t" test 0,01 which means greater than the ttable both at a significant 0,05 (0,01 < 0,05) made a null hypothesis rejected and. Based on the results of data analysis can be concluded with the results of learning mathematics students using SPPKB has improved better than students who do not use the SPPKB . This can be seen from the mean difference between the two classes of variables which means the experimental class using the SPPKB.786 model and the mean of the control class is 78.79.

Keywords: SPPKB Learning Outcomes

DAFTAR PUSTAKA

Arifin Zainal. 2009.Evaluasi pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya offser.

A.Pribadi Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta :Dian Rakyat.

  1. Uno Hamzah.2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara

Djamarah Bahri Syaiful dan zain Azwan.2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakart: Rineka Cipta.

Hamalik Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Heruman.2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Nuharini,Dewi.2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Raja Guguk Waminoto. 2015. Evaluasi pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Media Akademik.

Ruslan Rosady.2003. Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi.2010. Metodologi Penelitian. Jakarta:Rajawali Pers.

Sri Ramnawati.2012. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share. Tesis.UNP Padang.

Umar, Husein.2009. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta:Rajawali Pers.

WardanIGAK.2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published
2019-10-30
Section
Articles