PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MERBAU KECAMATAN MERBAU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

  • Suci Purnama Sari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan matematika
  • Dwi Septina Sari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan matematika
Keywords: Model Pembelajaran Artikulasi, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran artikulasi dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional kelas XI SMA Negeri 1 Merbau, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan rancangan menggunakan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Merbau, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti yang berjumlah 129 orang. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Sample random. Sampel penelitian ini adalah siswa  kelas XI MIA3 di SMA Negeri 1 Merbau yang berjumlah 30 orang anak sebagai kelompok eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran artikulasi dan siswa kelas XI MIA2 di SMA Negeri 1 Merbau yang berjumlah 30 orang anak sebagai kelompok kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional. Data hasil belajar matematika anak dikumpulkan dengan teknik tes hasil belajar tertulis, dokumenatasi , dan observasi,yang dianalisis menggunakan teknik Tes “t”  (Student “t”) demikian thitung = 3, 23 berarti ttabel baik pada taraf signifikan    5% maupun taraf 1%  (2.00 < 3,23 > 2.65). Dengan demikian Ha deterima dan Ho ditolak, berarti peningkatan hasil belajar metematika kelas eksperimen ( variabel x) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (variabel y). Adapun nilai rata-rata siswa kelas XI MIA3 yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran artikulasi yaitu 83,1 lebih tinggi dibandingkan siswa kelas XI MIA2 dengan pembelajaran konvesional yaitu 77,13. Dari penelitian ini dapat disarankan agar sekolah membuat program pembelajaran yang tepat untuk hasil belajar matematika.

Abstract

This study aimed of this study is to find out the significant different of mathematics learning outcomes who were treated by articulation learning model and those who where treated by role conventional class XI of  SMA negeri 1 Merbau , Merbau District, Kepulauan Meranti Regency, in academic Year 2018/2019. It was a quasi experimental research which used post-test design only control group design. The population of this research is all class XI of  SMA negeri 1 Merbau , Merbau District, Kepulauan Meranti Regency which need 129 people. Sampling technique in this research using Sample random. From that population, the samples of this study were 30 students of class XI MIA3  experimental group treated by articulated learning model and 30 students of XI MIA2 as control group treated by conventional. The data of  mathematics learning outcomes were obtained by written test results, documentatioan, and observation technique and analyzed quantitatively by using Test “t” (Student “t”). It means that Ha is accccepted and H0 is rejected , so that the Increase in the mathematics learning outcomes of the experimental class was higher than the Increase in the mathematics learning outcomes of the control class  It means that there is a significant different of mathematics learning outcomes between the students who were treated by articulation learning model and those who were treated by convensional. Besides, it could be proven by the result of the mean score of both groups in which the mean score of class XI MIA3  group (83,1) is higher than the mean score of class XI MIA2  (77,13).

Keywords: Articulation Learning Model, Mathematics Learning Outcomes

DAFTAR PUSTAKA

Afandi, Muhammad, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Arikunto, Suharmi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hartono . 2004. Statistik untuk penelitian. Yogyakarta: pustaka belajar.

Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif Jilid 1. Medan: Media Persada.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme  Guru Edisi Ke-2. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah.2010. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam penelitian. Yogyakarta: ANDI

Suprihatiningrum, Jamil.2014. Strategi Pembelajaran dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suri, ADY dkk. 2014. Kajian Eksperimen Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP  Negeri 4 Muara Bungo. 2:2-5.

Tohir, Muhammad, dkk. 2017. Buku Guru Matematika. Jakarta :Pusat Kurikulum dan Pembukuan

 https://id.wikipedia.org/wiki/Artikulasi

Published
2019-10-30
Section
Articles