PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 RANGSANG BARAT

  • Siti Masirah Program Studi Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti
  • Mayona Chantika Program Studi Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti
Keywords: pembelajaran kooperatif, NHT, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan dan bagaimana hasil belajar matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Dibanding dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Rangsang Barat pada bulan September 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh. Subjek penelitian ini adalah 58 siswa, yang terdiri atas 29 siswa eksperimen dan 29 siswa kontrol. Instrument yang diberikan berupa tes yang terdiri dari 6 soal uraian. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji Chi kuadrat untuk menguji normalitas data, dan uji Linearitas. Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh bahwa kedua populasi berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT terlihat nilai rata-rata hasil belajar lebih tinggi, dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat nilai rata-rata kelas eksperimen 81,4 dan rata-rata kelas kontrol 77,1 terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis yang dilakukan diketahui nilai signifikan (sig) sebesar dari 0,000 < 0,05, maka H0 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar maatematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rangsang Barat.

Abstract

The research aimed to determine whether is differences in mathematics learning outcome between student learning mathematics using cooperative learning tipe NHT and student who learn mathematics use conventional learning. Research conduct at SMP Negeri 2 Rangsang Barat September 2019/2020. The method used in this study was quasi experiment. Sampling was done by sampling bord. The subjects of current study was 58 students comprised student experiment class of 29 student and control class 29 students. The instrument provided in is essay form. Analytical teqniques used was chi kuadrat to test the normality of the data and linearitas test used SPSS versi 21. Based on result of test normality is obtained that the two population. Based on result the students who teach with cooperative learning tipe NHT had move average value of mathematics learning equal the students who teach with conventional learning. Can we see based on value of experimental class average is 81,4 and average value of control class is 77,1. There significan infuence between learning with cooperative tipe NHT. Based on the analysis were don, known the significancy value (sig) was 0,000 < 0,05, so Ho was receivable with the result that concluded indeed there was and influence of learning of NHT about the result of mathematics learning students in class VII state Junior High School 2 of Rangsang Barat.

Keywords : cooperative Learning, NHT, The Result of Mathematics Learning

DAFTAR PUSTAKA

Ariyanto (2013).  Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah   Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Bangun Ruang ( Kubus dan Balok ). Vol 22 No 3

Arikunto,Suharsimi.2008.  Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. PT. Bumi Aksara

Depdiknas. 2008.  Matematika Konsep Dan Aplikasinya. Depdiknas. Jakarta

Ghoni, Junaidi. 2012.  Metodologi Penelitian  Kualitatif. Jogjakarta : Arruzmedia

Hamdayana, Jumanti.2014.  Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan   Berkarakter. Bogor : Ghalia Indonesia

Hartono. 2004.  Statistik Untuk Penelitian.Yogyakarta. PT. Pustaka Pelajar Offset

Kunandar . 2011.  Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada

Nar Herhyanto. 2016 . Statistika Pendidikan. Tangerang Selatan. Universitas terbuka

Nurani. 2013. Teori-Teori Pendidikan. Yogyakarta. PT. Arruzmedia

Rusman. 2012.  Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT. Raja Grafinda Persada.

Sugiyono. 2011 . Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.Bandung. PT Alfabeta

Sangadji, Mamang. 2010. Dimensi-Dimensi Pendidikan. Jakarta : PT. Erlangga

Saptono.2011.  Dimensi-Dimensi Pendidikan. Jakarta : PT. Erlangga

Suprihatiningrum, Jamil.2014.  Strategi Pembelajaran. Jogjakarta.PT.Arruzmedia

Turmudi.2008.   Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika.Jakarta: PT Leuser Cita Pustaka

Usman, Husaini. 2008. Pengantar Statistik. Jakarta.PT Bumi Aksara

Wardani, Igak. 2008.  Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka

Winataputra, S Udin. 2007. Hasil Belajar. Jakarta. Universitas Tebuka

Published
2019-10-30
Section
Articles