PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TEBING TINGGI, KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, dimana pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two pada kelas VII SMP Negeri 2 Tebing Tinggi dan untuk kelas kontrol diberikan model pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik sampling purposive. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil perhitungan diperoleh thitung = 0,01 dan ttabel = yang artinya thitung < atau 0,01 < 0,05,. Hal ini menunjukkan bahwa tobservasi < . Dengan demikian ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tebing Tinggi. Jadi dapat disimpulkan Hipotesis nol ditolak dan Hipotesis alternatif diterima.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Model The Power Of Two
Abstract
The purposed of this research was to know whether is any the effect of Cooperative Learning Model Type The Power Of Two towards result of studying mathematics student. The kind of this research was quasi experiment in which class applied cooperative learning model The Power of Two on 7th grade class of SMP Negeri 2 Tebing Tinggi and class control was given conventional learning model. The technique taking sampling is sampling saturated technique. The Hypothesis testing used T-test. The result of calculation got tobservation = 0, 01. The meaning p < or 0,01 < 0,05 . This show that tobservation < significane level.Thus there is the effect of cooperative learning model type The Power of Two toward result of studying mathematics student on 7th grade class of SMP Negeri 2 Tebing Tinggi. The means the zero hypothesis is rejected and hypothesis is accepted.
Keywords : Cooperatif Learning, Mathematics Achivement, The Power Of Two
DAFTAR PUSTAKA
Anitah, Sri. (2014). Strategi Pembelajaran di SD. Yogyakarta : Universitas Terbuka.
Engkoswara. (2011). Administrasi Pendidikan. Bandung: ALFABETA
Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : pustaka pelajar.
Jamil, Suprihatiningrum. (2011). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta:
PT.Arruzmedia
Karso, dkk. (2014). Pembelajaran Matematika Di SD. Yogyakarta. Universitas
Terbuka.
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja
Pressindo.
Nasution, Noehi,Adi Suryanto. (2008). Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Sudjana, Nana. (2002). Dasar-Dasar Proses Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Soegiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: TARSITO.
Adriani, Durri. (2017). Metode Penelitian. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Thobroni. (2011). Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media
Bahri, Syaiful. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.
Wena, Made. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatifv Kontemporer. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.
Arikunto Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurharini, Dewi, dkk. (2008). Metematika Konsep dan Aplikasinya. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional