PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TEBING TINGGI, KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

  • Nurmalia Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan matematika
  • Fabelia Andani Barutu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan matematika
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Model The Power Of Two

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, dimana pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two pada kelas VII SMP Negeri 2 Tebing Tinggi dan untuk kelas kontrol diberikan model pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik sampling purposive. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil perhitungan diperoleh thitung = 0,01 dan ttabel =  yang artinya thitung <  atau 0,01 < 0,05,. Hal ini menunjukkan bahwa tobservasi < . Dengan demikian ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tebing Tinggi. Jadi dapat disimpulkan Hipotesis nol ditolak dan Hipotesis alternatif diterima.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif,  Model The Power Of Two

Abstract

The purposed of this research was to know whether is any the effect of Cooperative Learning Model Type The Power Of Two towards result of studying mathematics student. The kind of this research was quasi experiment in which class applied cooperative learning model The Power of Two on 7th grade class of SMP Negeri 2 Tebing Tinggi and class control was given conventional learning model. The technique taking sampling is sampling saturated technique. The Hypothesis testing used T-test. The result of calculation got tobservation = 0, 01. The meaning p <  or 0,01 < 0,05 . This show that tobservation <  significane level.Thus there is the effect of cooperative learning model type The Power of Two toward result of studying mathematics student on 7th grade class of SMP Negeri 2 Tebing Tinggi. The means the zero hypothesis is rejected and hypothesis is accepted.

Keywords : Cooperatif Learning, Mathematics Achivement, The Power Of Two

DAFTAR PUSTAKA

Anitah, Sri.  (2014). Strategi Pembelajaran di SD. Yogyakarta : Universitas Terbuka.

Engkoswara. (2011). Administrasi Pendidikan. Bandung: ALFABETA

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : pustaka pelajar.

Jamil, Suprihatiningrum. (2011). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta:

PT.Arruzmedia

Karso, dkk. (2014). Pembelajaran Matematika Di SD. Yogyakarta. Universitas

Terbuka.

Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja

Pressindo.

Nasution, Noehi,Adi Suryanto. (2008). Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Sudjana, Nana. (2002). Dasar-Dasar Proses Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Soegiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA

 

Sudjana. (2005). Metoda Statistika.  Bandung: TARSITO.

Adriani, Durri. (2017). Metode Penelitian. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Thobroni. (2011). Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media

Bahri, Syaiful. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:  PT. RINEKA CIPTA.

Wena, Made. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatifv Kontemporer. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.

Arikunto Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurharini, Dewi, dkk. (2008). Metematika Konsep dan Aplikasinya. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Published
2019-11-30
Section
Articles