PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TEBING TINGGI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

  • Devy Novila Sari
  • Mayona Chantika
Keywords: Pemahaman Konsep Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap pemahaman konsep matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 3 Tebing Tinggi kelas VIII semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Sebagai sampel penelitian, peneliti memilih dua kelas VIII yang terdiri dari 46 siswa yang 23 siswa kelas eksperimen dan 23 siswa kelas kontrol. Pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang pemahaman konsep matematika siswa. Sedangkan teknik analisis data digunakan pada penelitian ini adalah uji homogenitas, uji normalitas dan analisis data Test-t. Dari hasil analisis penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan pemahaman konsep matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih tinggi dari pada peningkatan pemahaman konsep matematika siswa melalui pembelajaran konvensional. Ini terlihat pada nilai rata-rata dari kelas eksperimen adalah  dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah . Nilai . Sehingga  maka hipotesis Ha diterima H0 ditolak.

DAFTAR PUSTAKA

Afgani D, Jarnawi. 2011. Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Anton, Bahaudin. 2011.Upaya Meningkatkan Pemahaman Matematik Siswa Melalui Metode Student Facilitator and Plaining Siswa kelas VII MTs Ash-Shidiqiyah Cirebon. [Online]. Tersedia: http: //antonbahaudin. wordpress.com/2011/01/27/ upaya-meningkatkan-pemahaman-matematik–siswa–melalui–metode–student–facilitator–and–explaining/[diakses pada tanggal 03 Oktober 2017].

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor Ghalia Indonesia.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono. 2012.  Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Matematika/kementrian pendidikan dan kebudayaan–edisi revisi Jakarta: kementrian pendidikan dan kebudayaan,2017.

Permendiknas – no – 22 – tahun – 2006 – standar – isi. [online]. Tersedia: Http//asefts63. files. wordpress .com / 2011 / 01permendiknas - no- 22 – tahun - 2006 – standar – isi . pdf / [diakses pada tanggal 04 Oktober2017].

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 

Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2019-10-30
Section
Articles