VISI

Visi Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Meranti telah di tetapkan dalam Surat Keputusan No. 14/STKIP.M/IX/2016 Tahun 2016 yakni: Menjadi program studi yang profesional, unggul, di bidang ilmu Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi di Provinsi Riau pada tahun 2025.

MISI

Misi Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi adalah sebagai berikut:

1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan tenaga pendidik (guru) yang profesional di bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.

2. Melaksanakan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitian.

3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan mengamalkan ilmu dan keterampilan yang diperoleh pada Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Meranti.

4. Melaksanakan pendidikan yang profesional dan demokratis.

TUJUAN

Tujuan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi adalah sebagai berikut :

1. Memiliki landasan keilmuan yang kuat dibidang Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi sehingga mampu bersaing di dunia kerja.

2. Melaksanakan pembelajaran Penjaskesrek yang inovatif dan kreatif.

3. Mampu melaksanakan penelitian dibidang Pendidikan Jasmani dan Olahraga.

4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan berkontribusi terhadap pemecahan masalah yang ada.

5. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemandirian dan profesionalisme dalam bekerja.

TATA NILAI

           Untuk mewujudkan visi dan misi, diperlukan acuan berupa tata nilai yang mengandung prinsip luhur yang menyatakan keyakinan dan aspirasi. Tata nilai harus dijadikan landasan berpijak dalam berpikir, bersikap dan berinteraksi, baik yang bersifat internal maupun eksternal. Tata nilai yang dijadikan dasar oleh Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi  adalah :

1. Profesionalitas :Dalam mengimplementasikan keilmuannya selalu berpegang terhadap nilai dan integritas secara baik dan profesional.

2. Kreatifitas dan Inovasi :Selalu mencari ide baru dalam menjalankan tugas untuk meraih visi dan misi yang tepat bagi Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.

3. Etika dan Integrita : Dalam kehidupan bernegara, bermasyarakat maupun dalam menjalankan profesinya selalu berpegang teguh pada norma dan aturan yang berlaku, baik di masyarakat, negara maupun agama.

4. Sinergi (Synergy) :Bersedia bekerjasama untuk mengoptimalkan sumber daya yang ada pada Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.

5. Keunggulan (Exellence) : Berusaha untuk mencapai hasil secara maksimal dan menghasilkan sumber daya manusia Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi yang unggul dan mampu bersaing.

6. Kewirausahaan (Entrepreneurship) :Memiliki pola pikir, kebiasaan, karakter dan kecakapan dalam mencari peluang dan berani mengambil resiko.

KEBIJAKAN

     Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Strategi (VMTS) Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Meranti, selalu mempedomani serta memperhatikan masukan dari Pimpinan Yayasan, Badan Pelaksana Harian (BPH), Ketua STKIP Meranti, Ketua Program Studi, Dosen dan Civitas Akademika STKIP Meranti. Bahan masukan dari berbagai unsur tersebut kemudian dijadikan suatu pertimbangan oleh tim penyusun VMTS STKIP Meranti yang ditunjuk oleh Ketua STKIP Meranti berdasarkan Surat Keputusan No. 14/STKIP.M/IX/2016 tahun 2016 tentang Visi, Misi dan Tujuan STKIP Meranti, yang menjadi Dasar Hukum VMTS Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Meranti pada tahun 2016 adalah sebagai berikut :

1. Surat Keputusan No. 14/STKIP.M/IX/2016 tahun 2016 tentang VMTS Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.

2. Undang-Undang RI Nomor: 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

3. Undang-Undang RI Nomor: 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

4. Peraturan Pemerintah epubik Indonesia Nomor 7 ahun 2010 tentangPengellaandanPenyeenggaraanPendidikn,seperti elh diubhmenadi PeraturanPemerinahReublikIndoesiaNomr66 Tahun 2010tentang PerubahanAtasPeraturan Pemerintah Nomor17 Tahun 2010tentang Pengellaandan PenyenggaraanPendidikan

5. Peraturan Pemerintah Repulik Indonesia Nomor: 4 Tahun 2014 daneraturan Menteri Pendiikan dan Kedayaan epubik IndonesiaNomor49Tahun204tentangStandarNasionlPendidin Tinggi.

Berdasarkan bahan masukan dan dasar hukum di atas, maka VMTS disusun untuk menjelaskan Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Meranti, yakni menjadi Program Studi unggulan dan mampu menghasilkan lulusan sarjana yang profesional di bidang ilmu Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi di Provinsi Riau pada Tahun 2025.

Strategi Pencapaian Visi, Misi, dan Tujuan

Strategi Pencapaian:

              Adapun yang menjadi setrategi pencapaian visi, misi dan tujuan Program Studi Penjaskesrek dapat dilihat sebagai berikut  :

Visi

Misi

Tujuan

1. Mengoptimalkan proses pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas dengan memanfaatkan teknologi informasi dan sarana-prasarana yang ada

2. Meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa melaluikegiatanpraktik mengajar

3. Mengembangkan suasana akademik yang kondusif dan menyenangkan.

4. Meningkatkan kinerja dosen dalam bentuk studi lanjut, workshop, seminar serta kegiatan ilmiah lainnya

5. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen.

6. Meningkatkan budaya kerja dalam mewujudkan tata kelola yang baik

7. Meningkatkan peran himpunan mahasiswa dalam bentuk program penalaran, bakat minat dan kesejahteraan.

8. Meningkatkan kinerja tenaga kependidikan melalui kursus dan pelatihan di dalam dan di luar kampus.

9. Memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai institusi terkait.

10. Mengembangkan sistem informasi yang mudah diakses dan up to date

1. Pencapaian prestasi akademik yang tinggidengan cara meningkatkan rata-rata IPK dari 2.75 menjadi 3.00

2. Terserapnya lulusan di berbagai institusi baik pemerintah maupun swasta

3. Mampu menciptakan usaha baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

4. Menghasilkan penelitian yang bermanfaat bagimasyarakat.

5. Melaksanakan program pengabdian masyarakat berbasis ilmu Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

1. Menghasilkan lulusan yang profesional dan unggul untuk pengembangan ilmu Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

MATA KULIAH

No.

Semester

Kode Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah

Mata Kuliah Kom-petensi

Konversi Kredit ke Jam

Capaian Pembelajaran

Dokumen Rencana Pembela-jaran

Unit Penyeleng-gara

Sikap

Pengeta-huan

Keteram-pilan Umum

Keteram-pilan Khusus

1

I

MKB050

Filsafat Pendidikan

V

2x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

2

 

MKK023

Senam

V

2x45

 

 

 

V

RPS

Prodi

3

 

MKK024

Sepak Bola Dasar

V

2x45

 

 

 

V

RPS

Prodi

4

 

MKK027

Pencak Silat

V

2x45

 

 

 

V

RPS

Prodi

5

 

MKK029

Atletik Dasar

V

2x45

 

 

 

V

RPS

Prodi

6

 

MPB065

Ilmu Alamiah Dasar

 

2x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

7

 

MPK001

Pendidikan Pancasila

 

2x45

V

 

 

 

RPS

Prodi

8

 

MPK003

Pendidikan Agama

 

2x45

V

V

 

 

RPS

Prodi

9

 

MPK004

Pendidikan Kewarganegaraan

 

2x45

V

 

 

 

RPS

Prodi

10

 

MPK005

Bahasa Indonesia

 

2x45

 

V

V

 

RPS

Prodi

11

II

MKB049

Pengantar Pendidikan

V

3x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

12

 

MKB054

Statistik I

V

3x45

 

V

V

 

RPS

Prodi

13

 

MKK007

Anatomi

V

2x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

14

 

MKK009

Belajar Motorik

V

3x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

15

 

MKK019

Sepak Takraw

V

2x45

 

 

 

V

RPS

Prodi

16

 

MKK030

Bola Voli Dasar

V

2x45

 

 

 

V

RPS

Prodi

17

 

MKK033

Bulu Tangkis

V

2x45

 

 

 

V

RPS

Prodi

18

 

MPB057

Gizi Olahraga

V

2x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

19

 

MPB064

Ilmu Sosial dan Budaya Dasar

V

2x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

20

 

MPK002

Bahasa Inggris

 

2x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

21

III

MKB051

Perkembangan Peserta Didik

V

2x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

22

 

MKK006

Filsafat Olahraga

V

2x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

23

 

MKK010

Ilmu Melatih Dasar

V

2x45

 

 

V

 

RPS

Prodi

24

 

MKK018

Pembentukan Kondisi Fisik

V

3x45

 

 

V

 

RPS

Prodi

25

 

MKK021

Tes Pengukuran dan Evaluasi Penjas

V

3x45

 

 

V

 

RPS

Prodi

26

 

MKK022

Sarana dan Prasarana Penjas

V

2x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

27

 

MKK025

Sepak Bola Lanjutan

V

2x45

 

 

 

V

RPS

Prodi

28

 

MKK028

Fisiologi

V

2x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

29

 

MKK036

Atletik Lanjutan

V

2x45

 

 

 

V

RPS

Prodi

30

 

MKK038

Olahraga Tradisional dan Modifikasi Permainan Kecil

V

3x45

 

 

V

 

RPS

Prodi

31

IV

MKB052

Profesi Kependidikan

V

2x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

32

 

MKK026

Massage

V

2x45

 

 

V

 

RPS

Prodi

33

 

MKK008

Tenis Meja

V

2x45

 

 

 

V

RPS

Prodi

34

 

MKK017

Renang

V

2x45

 

 

 

V

RPS

Prodi

35

 

MKK020

Penjas Adaptif

V

2x45

 

 

 

V

RPS

Prodi

36

 

MKK032

Bola Basket

V

2x45

 

 

 

V

RPS

Prodi

37

 

MKK034

Aktivitas Ritmik

V

3x45

 

 

V

 

RPS

Prodi

38

 

MPB 031

Metodologi Penelitian I

V

2x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

39

 

MPB058

Ilmu Melatih lanjutan

V

2x45

 

 

V

 

RPS

Prodi

40

 

MPB059

Manajemen Kepelatihan Olahraga

V

2x45

 

 

V

 

RPS

Prodi

41

V

MKB045

Perencanaan Pembelajaran dan Telaah Kurikulum

V

3x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

42

 

MKB046

Interaksi Belajar Mengajar

V

2x45

 

 

V

 

RPS

Prodi

43

 

MKK011

Psikologi Olahraga

V

2x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

44

 

MKK012

Sosiologi Olahraga

V

2x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

45

 

MKK013

Pendidikan Kesehatan Sekolah

V

3x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

46

 

MKK015

Pendidikan Komputer

V

2x45

 

 

V

 

RPS

Prodi

47

 

MKK016

Dasar-dasar Pendidikan Jasmani

V

2x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

48

 

MKK040

Pendidikan Rekreasi

V

3x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

49

 

MKK044

Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani

V

2x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

50

 

MPB 063

Sistem Pertandingan Organisasi Olahraga

V

2x45

 

 

V

 

RPS

Prodi

51

VI

MKB047

Seminar

V

2x45

 

 

 

 

RPS

Prodi

52

 

MKK035

Soft Ball

V

2x45

 

 

 

V

RPS

Prodi

53

 

MKK037

Bola Tangan

V

2x45

 

 

 

V

RPS

Prodi

54

 

MKK039

Kepramukaan

V

2x45

 

 

V

 

RPS

Prodi

55

 

MKK041

Pengetahuan Umum Pendidikan Jasmani

V

3x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

56

 

MKK042

Micro Teaching

V

3x45

 

 

V

 

RPS

Prodi

57

 

MKK043

Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani

V

3x45

 

 

V

 

RPS

Prodi

58

 

MPB055

Metodologi Penelitian II

V

2x45

 

V

 

 

RPS

Prodi

59

VII

MKB053

Praktek Lapangan Kependidikan

V

4x45

 

 

 

V

RPS

Prodi

60

VIII

MKB048

Skripsi

V

6x45

 

V

 

 

RPS

Prodi