Jurnal Online Mahasiswa Pendidikan Matematika (JOMPEMA) http://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM <p style="text-align: justify;">Jurnal online mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Meranti berisikan artikel ilmiah dari skripsi dan atau sebagian dari skripsi mahasiswa strata satu (S1) Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Meranti yang merupakan kewajiban mahasiswa menggunggah karya ilmiah sebagai syarat Mengambil Ijazah. Kewajiban unggah tersebut tertuang dalam Peraturan Rektor No. 003/JOM/STKIP.M/2019 tentang Pedoman Penerbitan Karya Ilmiah Sebagai syarat mengambil ijazah.</p> en-US Sun, 10 Nov 2019 13:35:17 +0700 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNINGUNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 TASIK PUTRI PUYU KECAMATAN TASIK PUTRI PUYU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI http://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM/article/view/26 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan penerapan pembelajaran<em> discovery learning</em> pada siswa kelas VIIA di SMP Negeri 2 Tasik Putri Puyu kecamatan Tasik Putri Puyu Kabupaten Kepulauan Meranti. Dimana penelitian ini dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran dikelas, salah satunya yaitu meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan cara malakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran dikelas secara profesional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA di SMP Negeri 2 Tasik Putri Puyu Kecamatan Tasik Putri Puyu Kabupaten Kepulauan Meranti pada semester ganjil pada tahun ajaran 2018/2019. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan sebanyak 4 kali petermuan dengan 2 kali tindakan dengan menerapkan penbelajaran <em>discovery learning</em>. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembaran tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika dengan penerapan model <em>discovery learning</em> pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Tasik Putri Puyu Kecamatan Tasik Putri Puyu Kabupaten Kepulauan Meranti. Ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada pertemuan sebelum tindakan rata-rata 62.65, sedangkan rata-rata penerapan <em>discovery learning</em> pada siklus I 68.00, dan pada siklus II adalah 76.50.&nbsp;</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Kata kunci: <em>Discovery Learning</em>, Hasil Belajar</strong></p> <p style="text-align: justify;"><strong>Abstract</strong></p> <p style="text-align: justify;">This research made in orther&nbsp; to enhance Learning Result OF Mathematic for Student Grade VII of SMP Negeri&nbsp; 2 Tasikpuyu Kecamatan Tasik Putripuyu Kabupaten Kepulauan Meranti. In wich this research is class action experiment (PTK), That is a practice experiment to improve shortages of learning in class. One of other is Enhance student Learning Result of Mathematic through some class treatment in orther to improve and enhance some learning practics in class professionaly.The subject in this research is Student Grade VII of SMP Negeri&nbsp; 2 Tasikpuyu Kecamatan Tasik Putripuyu Kabupaten Kepulauan Meranti in odd semester of 2018/2019 years leson. Instrumens wich is used for this experiment is observation, in wich done for four times seasson with two times action of discovery learning model. Documentation is done to know school condition, student and teacher. Student learning result gotten from test insrument of student learning result before and after class action.According to data analitic there is a learning result enhancement&nbsp; from Discovery Learning Model&nbsp; treatment for Student Grade VII of SMP Negeri&nbsp; 2 Tasikpuyu Kecamatan Tasik Putripuyu Kabupaten Kepulauan Meranti. It can be looked from student learning result wich avarage before treatment is 62,65 even after discovery learning treatment is 68,65 for cycle I and 75,75 for cycle II</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Keyword : <em>Discovery Learning, Learning Result</em></strong></p> <p style="text-align: justify;"><strong>DAFTAR PUSTAKA</strong></p> <p style="text-align: justify;">Afandi, Muhamad. Chamalah, Evi. Puspita, Wardani Oktarina. 2013<em>. Model Dan Metode Pembelajaran Sekolah</em>. Unissula Press.</p> <p style="text-align: justify;">Arikunto, suharsimi. dkk. 2008. <em>Penelitian Tindakan Kelas</em>. Jakarta : Buni Aksara.</p> <p style="text-align: justify;">Depertemen Pendidikan Nasional. 2007.&nbsp; <em>Model Penilaian Kelas</em>. Jakarta. Kemedikbut</p> <p style="text-align: justify;">Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral guru dan Tenaga Pendidik. 2017. <em>Modul Pengembangan keprofesian Berkelanjutan</em>.Jakarta</p> <p style="text-align: justify;">Kunandar.2008. <em>Penelitian Tindakan Kelas</em>. Jakarta: Raja Grafindfo Persada.</p> <p style="text-align: justify;">Sabri, Ahmat. 2007.&nbsp; <em>Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching</em>. Ciputat: Ciputat press.&nbsp;</p> <p style="text-align: justify;">Sudijono Anas.2009. <em>Pengantar Statistik Pendidikan</em>. Jakarta: Raja GrafindoPersada.</p> <p style="text-align: justify;">Suyono &amp; Hariyanto.2014.Belajar dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.</p> <p style="text-align: justify;">Slameto. 2006. Belajar dan Fakto-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.</p> <p style="text-align: justify;">Yuliastuti.Hermaizul.2011. <em>Musyawarah Guru Mata Pelajaran</em> (MGMP) Matematika SMP.</p> Azwardi Susanto, Mayona Chantika Copyright (c) http://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM/article/view/26 Sun, 10 Nov 2019 00:00:00 +0700 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 MERBAU KECAMATAN MERBAU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI http://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM/article/view/27 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran t<em>hink pair shar</em>e (TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 1 Merbau. Penelitian ini delaksanakan di SMA Negeri 1 Merbau pada bulan September 2018.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quai eksperien, dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah 62 siswa, yang terdiri atas 31 siswa pada kelas eksperimen dan 31 siswa paa kelas kontrol.Instrument yang diberikan berupa tes yang terdiri dari beberapa soal.uji prasyarat yang digunakan adalah uji chi kuadrat untuk menguji normalitas data dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh nilai hasil belajar matematika bahwa data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian, siswa yang diajarkan dengan pembelajaran <em>think pair share</em> (TPS) lebih tinggi, dibandingkan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat nilai rata – rata kelas eksperimen adalah 83.5806452&nbsp; dan rata – rata kelas kontrol adalah 77.5483871 . dari rata – rata nilai eksperimen dan kontrol nilai t<sub>o</sub> = 3.060 yang berarti lebih besar dari t<sub>t</sub> = 2.65, baik pada taraf sisnifikan 5% maupun 1% yaitu (2.00 &lt; 3.060 &gt; 2.65) maka H<sub>a</sub> diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran <em>think pair share</em> (TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa ke;as XII SMA Negeri 1 Merbau.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Abstract</strong></p> <p style="text-align: justify;">This research was made toknow about influence of THINK PAIR SHARE(TPS) Modeltomathematiclearning result of student gradeXII XII SMA Negeri 1 Merbau. This research was made at SMA Negeri 1 Merbau 0n September 2018. The Metode was used in this research is quai exsperience, with purposive sampling way. This subject&nbsp; research is 62 student, there is 31 students in experiment classand 31 incontrol class.The Instrument wassomes test, whit some question. Precondition test is chi quadrat test,to axaminedata normalityand homogenity test. According toresult of normality data test,it seem thatvalue ofmathematic learning resultwas distributed normaly. fromthe research, value ofmathematic learning resultof think pair share (TPS) higher thanconventional learning result metode. It shown byavarage value of experimentclass, it is 83.5806452&nbsp; butavarage value ofcontrol classis 77.5483871 . according toavarage value of experiment andcontrol class, value of t<sub>o</sub> = 3.060 that meanshigher than t<sub>t</sub> = 2.65, wheter significant value for &nbsp;5% or 1% that is (2.00 &lt; 3.060 &gt; 2.65) so that, H<sub>a</sub>accepted. And thanthat means there is ainfluence of THINK PAIR SHARE(TPS) Modeltomathematiclearning result of student grade XII SMA Negeri 1 Merbau.</p> <p style="text-align: justify;"><strong><em>Key word : Think Pair Share (TPS), Mathematic Learning Result</em></strong></p> <p style="text-align: justify;"><strong>DAFTAR PUSTAKA</strong></p> <p style="text-align: justify;">Afandi, Muhammad, dkk. 2013. <em>Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah</em>. Semarang: Unissula Press.</p> <p style="text-align: justify;">Arikunto, Suharmi. 2006. <em>Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik</em>. Jakarta: Rineka Cipta.</p> <p style="text-align: justify;">Hartono . 2004. <em>Statistik untuk penelitian</em>. Yogyakarta: pustaka belajar.</p> <p style="text-align: justify;">Istarani. 2014. 58 <em>Model Pembelajaran Inovatif Jilid 1</em>. Medan: Media Persada.</p> <p style="text-align: justify;">Rusman. 2013. <em>Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme&nbsp; Guru Edisi Ke-2</em>. Jakarta: Raja Grafindo Persada.</p> <p style="text-align: justify;">Rusman. 2017. <em>Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan</em>. Bandung: Kencana.</p> <p style="text-align: justify;">Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah.2010.<em>Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam penelitian</em>. Yogyakarta: ANDI</p> <p style="text-align: justify;">Suprihatiningrum, Jamil.2014. <em>Strategi Pembelajaran dan Aplikasi</em>. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.</p> <p style="text-align: justify;">Suri, ADY dkk. 2014. Kajian Eksperimen Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP&nbsp; Negeri 4 Muara Bungo. 2:2-5.</p> <p style="text-align: justify;">Tohir, Muhammad, dkk. 2017. <em>Buku Guru Matematika. </em>Jakarta :Pusat Kurikulum dan Pembukuan.</p> Jumiliana, Rozuna Copyright (c) http://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM/article/view/27 Sun, 10 Nov 2019 00:00:00 +0700 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TASIK PUTRIPUYU KECAMATAN TASIK PUTRIPUYU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI http://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM/article/view/28 <p style="text-align: justify;">Model pembelajaran CTL (<em>Contextual Teaching and Learning</em>) merupakan model pembelajaran yang tepat dalam mengupayakan pembelajaran matematika yang kontektual terhadap permasalahan sehari-hari. Model pembelajaran CTL (<em>Contextual Teaching and Learning</em>) cendrung menekankan keterkaitan antara materi ajar dengan masalah yang benar-benar ada dilingkungan siswa&nbsp; sehingga siswa lebih mudah memehami suatu kaedah atau teori matematika melalui persoalan sehari-hari di sekitar lingkungan mereka. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan Apakah terdapat pengaruh dan seberapa besar pengaruh model pembelajaran CTL (<em>Contextual Teaching and Learning</em>) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tasik Putripuyu Kecamatan Tasik Putripuyu Kabupaten Kepulauan Meranti serta untuk menemukan cara yang ideal dalam meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimental yang melibatkan dua grup, grup eksprimen dan grup kontrol dengan menggunakan tes awal dan tes akhir (<em>pretest-posttest control group exprimental design</em>), dengan sampel perlakuan berjumlah 20 koresponden sedangkan sampel kontrol 14 koresponden. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan antara grup eksprimen dengan grup kontrol, dimana dari hasil analisis diproleh t<sub>hitung</sub> = 8,446. Sedangkan t<sub>tabel</sub> pada taraf signifikan α (0,05) dan dk = n<sub>A </sub>+ n<sub>B </sub>-2=32, diperoleh nilai t<sub>tabel</sub> = 1,694. Berarti t<sub>hitung</sub> (8,446) &gt; t<sub>tabel</sub> (1,694), maka H<sub>a</sub> diterima dan H<sub>o</sub> ditolak. Denagn demikan terdapat pengaruh model pembelajaran CTL (<em>Contextual Teaching and Learning</em>) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Tsik Putripuyu Kecaamatan Tasik Putripuyu Kabupaten Kepulauan Meranti.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Abstract</strong></p> <p style="text-align: justify;">CTL model (Contextual Teaching and Learning) is a rigth model in attampting mathematic teaching and learning whic is contextual for daily problam. Contextual Teaching and Learning Model tends to prompt an integrated subject, between lesson subject with the real daily problam subject around, so that students&nbsp; can understand an mathematic theory easier trhough their real daily problam around.This research is made in order to proof wheter there is an influence and how much the fluence of CTL model (Contextual Teaching and Learning) to student’s mathematic learning result of grade VIII of SMP Negeri 1 Tasik Putripuyu Kecamatan Tasik Putripuyu Kabupaten Kepulauan Meranti and it is also made in order to find an ideal way to enhance student’s learning result. This research is cuantitative exprimental whic is envolves two group, experiment group and control group. This research apply pretest and posttest (pretest-posttest control group exprimental design) with 20 sample corespondences of experiment group and&nbsp; 14 sample corespondences of control group. According to research result, there is a difference between experiment group and control group. The analysis shows that t<sub>count</sub> = 8,446.&nbsp; whereas t<sub>table</sub> in α significan grade is (0,05) and df = n<sub>A </sub>+ n<sub>B </sub>-2=32, gives t<sub>table</sub> value= 1,694. That means t<sub>count</sub> (8,446) &gt; t<sub>table </sub>(1,694), so that H<sub>a</sub> is accepted and H<sub>o</sub> is refused.</p> <p style="text-align: justify;"><strong><em>Key words :&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Ctl Model (Contextual Teaching and Learning), Mathematic Learning Result.</em></strong></p> <p style="text-align: justify;"><strong>DAFTAR PUSTAKA<br></strong></p> <p style="text-align: justify;">Abdur Rahman As’ari, Muhamad Tohir, Erik Valentin, Zinul Imron, Ibnu Taufik. 2002. <em>Buku Guru Matematika Kelas VIII SMP/MTs</em>. JakartA: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.</p> <p style="text-align: justify;">Afandi Muhamad, Chamalah Evi, Puspita Wardani Oktarina. 2013. <em>Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah</em>. Semarang: UNISSULA Press.</p> <p style="text-align: justify;">Anggoro M. Toha, dkk. 2009. <em>Metode Penelitian</em>. Jakarta: Universitas Terbuka.</p> <p style="text-align: justify;">Asrul, Ananda Rusydi, Rosnita. 2006. <em>Evaluasi Pembelajaran</em>. Bandung: Citapustaka Media.</p> <p style="text-align: justify;">Daud Damanhuri, Syahrilfudin, N Lazim.. 2006. <em>Pemantapan Kemampuan Mengajar</em>. Pekanbaru: Cendikia Insani.</p> <p style="text-align: justify;">Hamdayama Jumanta.&nbsp; 2016.&nbsp; <em>Metodologi&nbsp; Pengajaran</em>.&nbsp; Jakarta:&nbsp; Bumi Aksara.</p> <p style="text-align: justify;">Hastratuddin. 2014. <em>Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Bebasis Karakter</em>.&nbsp; Jurnal Didaktik Matematika. 1(2): 33.</p> <p style="text-align: justify;">Novitasari Lilis, Leonard. 2017. <em>Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika</em>.&nbsp; Jurnal Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. : 33.</p> <p style="text-align: justify;">Purwanto. 2016. <em>Evaluasi Hasil Belajar</em>. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.</p> <p style="text-align: justify;">Sabri Ahmad. 2007. <em>Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching</em>. Padang: Quantum Teaching.</p> <p style="text-align: justify;">Sarwono Jonathan. 2006. <em>Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif</em>. Bandung: Graha Ilmu.</p> <p style="text-align: justify;">Sugiyono.&nbsp; 2007.&nbsp; <em>Statistika&nbsp; Untuk&nbsp;&nbsp; Penelitian</em>.&nbsp; Bandung:&nbsp; CV&nbsp; ALFABETA.</p> <p style="text-align: justify;">Werkanis. 2002. <em>Strategi Mengajar dalam Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar di Sekolah</em>. Pekanbaru: PT Sutra Benta Perkasa.</p> <p style="text-align: justify;">Tohir, Muhammad, dkk. 2017. <em>Buku Guru Matematika. </em>Jakarta :Pusat Kurikulum dan Pembukuan.</p> Subroto, Dwi Septina Sari Copyright (c) http://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM/article/view/28 Sun, 10 Nov 2019 00:00:00 +0700 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUNDROBIN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs HIDAYATUL MUTA’ALLIM MENGKIRAU¬¬ KECAMATAN TASIK PUTRIPUYU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI http://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM/article/view/29 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi nilai siswa yang rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe <em>Round Robin </em>Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Hidayatul Muta’allim Mengkirau. Penelitian ini merupakan penelitian dengan rancangan <em>Pretest </em>dan <em>Posttes</em>t sampel dalam penelitian ini adalah 56 siswa yang terdiri dari 28 siswa untuk kelas eksperimen dan 28 siswa untuk kelas kontrol. Setelah diberi perlakuan diperoleh nilai tes hasil belajar metematika siswa pada pokok bahasan Himpunan.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe <em>Round Robin</em> berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe <em>Round Robin</em> sebesar 83,57 sedangkan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional sebesar 69,82. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian, nilai <em>x<sup>2</sup><sub>hitung </sub></em>pada kelas eksperimen sebesar 7,25 sedangkan untuk nilai <em>x<sup>2</sup><sub>hitung</sub></em> pada kelas kontrol sebesar 6,11 harga <em>x<sup>2</sup><sub>tabel </sub></em>dalam tarif signifikan 5% adalah 15,3 untuk kelas eksperimen dan 18,2 untuk kelas kontrol. Sehingga hasil belajar matematika dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe <em>Round Robin </em>lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar model pembelajaran konvensional.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Abstract</strong></p> <p style="text-align: justify;">This study is an experimental study with a background of low student scores. This study aims to determine the effect of the Round Robin type of cooperative learning model towards the mathematics of class VII students MTs Hidayatul Muta’allim Mengkirau. This research with pretest and posttest design the sample in this study was 56 students consisting of 28 students for the exsperimental class and 28 students for the control class. After being treated, the scores of students’ mathematics learning results were obtained on the subject set. The results of the study revealed that the Round Robin Type Cooperative learning model affected students’ mathematics learning outcomes. The average student mathematics learning ouctcomes taugh with Round Robin Cooperative learning models are 83.57 while the average mathematics learning outccomes of student taught with conventional learning models amounted to 69.82. Based on the calculation of the results of the study, value of x<sup>2</sup><sub>count</sub> in the exsperimental class at 7.25 while for value of x<sup>2</sup><sub>count</sub> in the control class of 6.11price x<sup>2</sup><sub>table </sub>5% contive rate is 15,3 for the exsperimental class and 18.2 for the control class. So thet the mathematics learning outcomes with the Round Robin Cooperative learning model are higher than the learning outcome of the conventional learning model.</p> <p style="text-align: justify;"><strong><em>Keywords : cooperative Learning, mathematics</em></strong></p> <p style="text-align: justify;"><strong>DAFTAR PUSTKA<br></strong></p> <p style="text-align: justify;">Purwanto, (2009).<em>Evaluasi Hasil Belajar</em>. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.</p> <p style="text-align: justify;">Nana Syaodih Sunadinata, (2009). <em>Landasan Psikologi Proses Pendidikan</em>. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.</p> <p style="text-align: justify;">Mulyono Abdurrahman, (2009). <em>Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar</em>. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.</p> <p style="text-align: justify;">Agus Supri Jono, (2009). <em>Kooperatife Learnimg: Teori dan Aplikasi PAIKEM. </em>Yogyakarta: Pustaka Pelajar.</p> <p style="text-align: justify;">Hari Wijaya, Sutan Surya, (2007). <em>Adventures In Math Tes IQ Matematika</em>. Yogyakarta: Tugu Publisher.</p> <p style="text-align: justify;">Burhanuddin Salam, (2004). <em>Cara Belajar Yang Sukses Diperguruan Tinggi</em>.Jakarta: PT Rineka Cipta.</p> <p style="text-align: justify;">Elvi Yuliani Rochmah, (2005). <em>Psikologi Perkembangan</em>. Yogyakarta: Tera.</p> <p style="text-align: justify;">Anitah Sri, (2009).<em>Strategi Pembelajaran di SD</em>. Jakarta: Universitas Terbuka.</p> <p style="text-align: justify;">Ibrahim, Muslim dan Muhammad Nur, (2000).<em>Pembelajaran Kooperatif</em>. Universitas Negeri Surabaya.</p> <p style="text-align: justify;">Yatim Riyanto, (2009)&nbsp; <em>ParadigmaPembelajaran</em>, Jakarta: Kencana.</p> <p style="text-align: justify;">Robert E. Slavin, (2008).<em>Cooperatif Learning Teori, Riset dan Praktis. </em>Bandung: Nusa Media.</p> <p style="text-align: justify;">Kunandar, (2007).Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.</p> Sidratul Ula, Fabelia Andani Barutu Copyright (c) http://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM/article/view/29 Mon, 11 Nov 2019 00:00:00 +0700 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS DARUL IHSAN TELUK BELITUNG KECAMATAN MERBAU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI http://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM/article/view/30 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh nilai siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran&nbsp; kooperatif tipe <em>pair check </em>Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Darul Ihsan Teluk Belitung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan <em>Pretest</em>dan <em>Posttest</em> sampel dalam penelitian ini adalah 48 siswa yang terdiri dari 24 siswa untuk masing-masing kelas eksperimen dan 24 siswa untuk kelas kontrol. Setelah diberi perlakuan diperoleh nilai tes hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan operasi aljabar. Hasil peneilitan mengungkapkan bahwa model&nbsp; pembelajaran&nbsp; kooperatif tipe <em>pair check </em>berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa. Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran&nbsp; kooperatif tipe <em>pair check</em>sebesar 83,96 sedangkan rata-rata hasil belajar matemattika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional sebesar 70,21. Berdasarkan perhitungan diperoleh t<sub>hitung</sub>&gt; t<sub>tabel </sub>(3,788 &gt; 2,021). Sehingga rata-rata hasil belajar matematika siswa diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe <em>pair check</em> lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika siswa&nbsp; yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Abstract</strong></p> <p style="text-align: justify;">This research was experiment instigated by student score that was low. It aimed at increasing student learning achievement and knowing the effect of Model Cooperative Learning Model Pair Checks Type to Student Mathematics Learning Outcomes VIII MTs Darul Ihsan Teluk Belitung Merbau District Meranti Island District. Pretest and posttest design was used in this research. The&nbsp; Sample for this research is are 48 student consist of 24 students for each of experimental group and of 24 control group student.&nbsp; After being given treatment obtained the test scores of students mathematics learning outcomes at the subject of triangle. The result of research revealed that there is effect of cooperative learning model pair checks type to students mathematics learning outcomes. The student who taught with cooperative learning model pair checks type have mean score of students mathematics learning outcomes is 83,96 but the students who taught wiyh conventional learning model is 70,21. Base on statistic resulted t<sub>hitung</sub>&gt;&gt; t<sub>tabel </sub>(3,788 &gt; 2,021). So the students who taught with have cooperative learning model pair checks type mean score of students mathematics learning outcomes higher than who taught with conventional learning model.</p> <p style="text-align: justify;"><em><strong>Keywords : Cooperative Learning, Mathematics</strong></em></p> <p style="text-align: justify;"><strong>DAFTAR PUSTAKA</strong></p> <p style="text-align: justify;">Arikunto, Suharsimi. 2006. <em>Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. </em>Jakarta: PT Rineka Cipta.</p> <p style="text-align: justify;">Soyomukti, Nurani. 2013. <em>Teori-Teori Pendidikan. </em>Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.</p> <p style="text-align: justify;">Vancleave, Janice. 2003. <em>MATH FOR EVERY KID. </em>Bandung: PT Intan Sejati.</p> <p style="text-align: justify;">Purwanto, 2008. <em>Evaluasi Hasil Belajar. </em>Surakarta: Pustaka Belajar.</p> <p style="text-align: justify;">Suprihatiningrum, Jamil. 2012. <em>Strategi Pembelajaran</em>. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.</p> <p style="text-align: justify;">Alma, Buchari. 2005. <em>Kewirausahaan. </em>Bandung: Alfabeta Bandung.</p> <p style="text-align: justify;">Danarjati, Dwi Prasetia, dkk. 2013. <em>Pengantar Psikologi Umum. </em>Yogyakarta: Graha Ilmu.</p> <p style="text-align: justify;">Subana, dkk. 2015. <em>Statistik Pendidikan. </em>Bandung: Pustaka Setia.</p> <p style="text-align: justify;">Rusman, 2013. <em>Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. </em>Jakarta: PT Rajagrasindo Perkasa</p> <p style="text-align: justify;">Prawira, Purwa Atmaja. 2011. <em>Psikilogi Pendidikan. </em>Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.</p> <p style="text-align: justify;">Istarani. 2014. <em>58 Model Pembelajaran Inovatif. </em>Medan: Media Persada.</p> <p style="text-align: justify;">Zakaria, Effandi. 2007. <em>Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematika. </em>Kuala Lumpur: Prin-Ad Sdn.Bhd</p> Sri Paty Yani, Dwi Septina Sari Copyright (c) http://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM/article/view/30 Sun, 10 Nov 2019 00:00:00 +0700 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NURUL IMAN SENDANU DARUL IKHSAN KECAMATAN TEBINGTINGGI TIMUR http://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM/article/view/31 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, dimana pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada kelas VII MTS Nurul Iman Sendanu Darul Ikhsan Tebing Tinggi Timur dan kelas control diberikan model pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik sampling purposive. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil perhitungan diperoleh t<sub>observasi</sub> = 0,01, yang artinya p &lt; α atau 0,01 &lt; 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa t<sub>observasi</sub> &lt; α. Dengan demikian ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTS Nurul Iman Sendanu Darul Ikhsan Tebing Tinggi Timur. Ini berarti hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternative diterima.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Abstract</strong></p> <p style="text-align: justify;">The purpose of this research is to know whether is the effect of Cooperative Learning Model Type Think Talk&nbsp; Write (TTW) towards result of studying mathematics student. The kind of this research is quasy experiment in which class applied cooperative learning model Think Talk Write (TTW) on 7 th grade class of MTs Nurul Iman Sendanu Darul Ikhsan Tebing Tinggi Timur and class control was given conventional learning model. The technique taking sampling is sampling saturated technique. The Hypothesis testing used T-test. The result of calculation got t<sub>obsevation </sub>= 0,01. The meaning p &lt; α or 0,01 &lt; 0,05. This show that t<sub>obsevation </sub>&lt; α significant level. Thus there is the effect of cooperative learning model type Think Talk Write (TTW) toward result of studying mathematics student on 7<sup>th</sup> grade class of MTs Nurul Iman Sendanu Darul Ikhsan Tebing Tinggi Timur. The means the zero hypothesis is rejected and hypothesis is accepted.</p> <p style="text-align: justify;"><strong><em>Keywords:</em></strong> <strong><em>Cooperative Learning, Think Talk Write Model</em></strong></p> <p style="text-align: justify;"><strong>DAFTAR PUSTAKA</strong></p> <p style="text-align: justify;">Ariawan, Rezi dan Hayatun Nufus. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII ditinjau Berdasarkan Level Kemampuan Matematis. <em>Jurnal Pendidikan Matematika Symmetry</em>, Vol. 3 No. 2, hal. 436-445.</p> <p style="text-align: justify;">Arikunto, Suharsimi., dkk. 2008. <em>Penelitian Tindakan Kelas</em>. Jakarta: Bumi Aksara.</p> <p style="text-align: justify;">Arikunto, Suharsimi. 2010. <em>Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan</em>. Jakarta: Bumi Aksara.</p> <p style="text-align: justify;">Dewayani, Dian Ayu. 2016. <em>Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) terhadap Hasil Belajar Pemecahan Soal Cerita Bilangan Bulat Matematika Siswa Tunarungu</em>. Skripsi pada Universitas Negeri Surabaya. Tidak diterbitkan.</p> <p style="text-align: justify;">Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. <em>&nbsp;Psikologi Belajar</em>. Jakarta: Rineka Cipta.</p> <p style="text-align: justify;">Hamdayama, Jumanta. 2014. <em>Model Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter</em>. Jakarta: Ghalia Indonesia.</p> <p style="text-align: justify;">Hartono. 2008. <em>Strategi Pembelajaran</em>. Pekanbaru: LSFK2P</p> <p style="text-align: justify;">Huda, Miftahul. 2014. <em>Model-model Pengajaran dan Pembelajaran</em>. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.</p> <p style="text-align: justify;">Husna, Asmaul. 2016. <em>Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kecamatan Lembah Gumanti</em>.<em> Jurnal Phytagoras</em>, Vol 5 No. 1, hal. 6-11.</p> <p style="text-align: justify;">Jamil. 2014. <em>Strategi Pembelajaran</em>. Yogyakarta: Arruzmedia.</p> <p style="text-align: justify;">Lie, Anita. 2007. <em>Cooperative Learning</em>. Jakarta: Grasindo.</p> <p style="text-align: justify;">Purwanto. 2009. <em>Evaluasi Hasil Belajar</em>. Surakarta: Pustaka Belajar.</p> <p style="text-align: justify;">Purwanto.2016. <em>Evaluasi Hasil Belajar</em>. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.</p> <p style="text-align: justify;">Riduwan. 2014. <em>Dasar-dasar Statistika.</em> ed. rev. Bandung. Alfabeta</p> <p style="text-align: justify;">Rusman. 2010. <em>Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru</em>. Jakarta: Raja Grafinda Persada.</p> <p style="text-align: justify;">Sari, Dian Marisanita. 2009. <em>Penerapan Strategi Think-Talk-Write (TTW) dalam pembelajaran Matematika ditinjau dari Minat Belajar Siswa</em>. Skripsi pada Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tidak diterbitkan.</p> <p style="text-align: justify;">Sudjana. 2005. <em>Metoda Statistika</em>. Bandung. Tarsito</p> <p style="text-align: justify;">Sugiyono. 2011<em>. Statistika untuk Penelitian</em>. Bandung: Alfabeta.</p> <p style="text-align: justify;">Sugiyono. 2014. <em>Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatid dan R&amp;D. </em>. Bandung. Alfabeta.</p> <p style="text-align: justify;">Suherman, Eman, dkk. 2003. <em>Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer</em>. Bandung: JICA UPI.</p> <p style="text-align: justify;">Sundayana, Rostina. 2010. <em>Statistika Penelitian Pendidikan</em>. Garut: STKIP Garut Press.</p> <p style="text-align: justify;">Suyono dan Hariyanto. 2011. <em>Belajar dan Pembelajaran</em>. Bandung: Remaja Rosda Karya.</p> <p style="text-align: justify;">Trianto. 2011. <em>Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif</em>. Jakarta: Kencana.</p> Diana Alfiana, Mayona Chantika Copyright (c) http://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM/article/view/31 Sun, 10 Nov 2019 00:00:00 +0700 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL- ISTIQOMAH TEBING TINGGI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI http://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM/article/view/32 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran <em>Make a Match</em> dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Al-Istiqomah Alah Air Selatpanjang. Dimana Penelitian ini merupakan penelitian <em>Q</em><em>uasi Eksperimen </em>dan desain yang digunakan adalah <em>Posttest-only Design with Nonequivalent Group.</em> Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Istiqomah Alah Air Selatpanjang Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 2 kelas, yang berjumlah 20 siswa pada masing-masing kelas. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 40 siswa diperoleh dengan cara sampling pertimbangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Dokumentasi,Observasi dan Tes untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Observasi dilakukan oleh guru bidang studi. Observasi dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dengan Model Pembelajaran <em>Make a Match</em>. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes”t” diperoleh t<sub>observasi </sub>besar dari hasil diperoleh p= 0.009 yang artinya p &nbsp;jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Model Pembelajaran <em>Make a Match </em>mengalami peningkatan yang lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi sistem operasi himpunan. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan mean kedua variabel, yang mana hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran <em>Make a Match&nbsp; </em>mengalami peningkatan signifikan dibangingkan hasil belajar siswa yang diajarkan secara konvensional, dimana mean peningkatan hasil belajar kelas yang menggunakan Model Pembelajaran <em>Make a Match</em> &nbsp;sebesar 83.2 dan mean peningkatan hasil belajar kelas konvensional sebesar 73.8</p> <p style="text-align: justify;"><strong>DAFTAR PUSTAKA</strong></p> <p style="text-align: justify;">Lambas, dkk.2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika (buku 3</p> <p style="text-align: justify;">Ngalimun, 2015. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.</p> <p style="text-align: justify;">Nurhayati, 2016. Model-Model Pembelajaran Mengembang kan Profesionalisme guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.</p> <p style="text-align: justify;">Putra Udin Winata, dkk (2007). Strategi belajar mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka.</p> <p style="text-align: justify;">Razak, Abdul. (2010;105) Penelitian Kependidikan “Deskripsi, Eksposisi, dan Argumenrasi”. Pekanbaru : Autografika.</p> <p style="text-align: justify;">Rusman, 2016. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.</p> <p style="text-align: justify;">Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning :Teori &amp; Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : PustakaPelajar.</p> <p style="text-align: justify;">Sanjaya, Wina,2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Penerbit Prenada media Group.</p> <p style="text-align: justify;">Sugiyono. (2016;124. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.</p> <p style="text-align: justify;">Suharsimi. (2014;124). Prosedur penelitian, rinekacipta</p> <p style="text-align: justify;">Taufiq, Agus, dkk, 2014. PendidikanAnak di SD. Tangerang Selatan :Universitas terbuka.</p> <p style="text-align: justify;">Hartono. (2006;178) Statistik untuk pendidikan penelitian. Pekanbaru Pustaka Belajar</p> <p style="text-align: justify;">Huda, Miftahul. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yokyakarta: PT Pustaka Belajar</p> <p style="text-align: justify;">Hamalik, Oemar, 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.</p> Lismasari, Mayona Chantika Copyright (c) http://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM/article/view/32 Sun, 10 Nov 2019 00:00:00 +0700 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TEBING TINGGI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI http://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM/article/view/33 <p style="text-align: justify;">Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi adalah sebagian dari mereka mengakui kesulitan dalam memahami pelajaran Matematika, dan ditambah kurangnya keinginan siswa untuk bertanya pada materi yang tidak mereka pahami. Untuk memperbaiki hasil belajar pada siswa tersebut adalah dengan pendekatan pembelajaran yang sesuai. Dalam hal ini peneliti menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasinya seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti dan sampelnya kelas &nbsp;sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 orang dan kelas &nbsp;sebagai kelas kontrol sebanyak 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian setelah postest dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan pembelajaran secara konvensional. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 85.75 dan kelas kontrol yaitu 75. Dari penelitian ini, didapat dan . Kriteria pengujian &nbsp;maka &nbsp;ditolak sebaliknya &nbsp;diterima. Berarti rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dibandingkan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelas kontrol.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Abstract</strong></p> <p style="text-align: justify;">One of the factors causing the low learning outcomes of Mathematics of Grade VIII students of SMP Negeri 3 Tebing Tinggi is that some of them recognize difficulties in understanding Mathematics lessons, plus the lack of students' desire to ask questions about materials they do not understand. To improve students' learning outcomes is by appropriate learning approach. In this case the researcher uses Jigsaw type cooperative learning. Jigsaw type cooperative learning is one of cooperative learning that encourages students to actively and assist each other in mastering the subject matter to achieve maximum achievement. This research is experimental research with the population of all students of grade VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi of Meranti Regency and the sample of class as experiment class as many as 20 people and class &nbsp;as control class as many as 20 people. Based on posttest research result, it can be concluded that there is difference of learning result between experimental class using Jigsaw type cooperative learning model with control class using conventional learning only. The average value in the experimental class is 85.75 and the control class is 75. From this research, &nbsp;= 2.90 and (0.05) = 2.09 &nbsp;(0.01) = 2.72. Testing criteria &nbsp;&gt; &nbsp;then &nbsp;rejected otherwise &nbsp;accepted. Means the average of student learning outcomes in the experimental class is significantly better than the average of students' mathematics learning outcomes in the control class.</p> <p style="text-align: justify;"><strong><em>Keywords :</em></strong><strong> <em>Influence of Jigsaw Cooperative Learning Model</em>, <em>Student Learning Outcomes of Mathematics</em></strong></p> <p style="text-align: justify;"><strong>DAFTAR PUSTAKA</strong></p> <p style="text-align: justify;">Emzir. 2012. <em>Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif &amp; Kualitatif.</em> Jakarta: Rajawali Pers.</p> <p style="text-align: justify;">Faizah, Hasanah. 2009. <em>Menulis Karangan Ilmiah</em>. Pekanbaru: Cendikia Insani.</p> <p style="text-align: justify;">Hamalik, Oemar. 2014. <em>Kurikulum Dan Pembelajaran</em>. Jakarta: Bumi Aksara.</p> <p style="text-align: justify;">Hamdayama, Jumanta. 2014. <em>Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter</em>. Bogor: Ghalia Indonesia.</p> <p style="text-align: justify;">Hartono. 2010. <em>Strategi Untuk Penelitian </em>: Yogyakarta: Pustaka Belajar</p> <p style="text-align: justify;">Hergenhahn dan Matthew H. Olson. 2009. <em>Theories Of Learning</em>. Jakarta: Prenada Media Group.</p> <p style="text-align: justify;">Natuna, Daeng Ayub. 2006. <em>Belajar Teori Belajar Dalam Pembelajaran</em>. Pekanbaru: Universitas Riau.</p> <p style="text-align: justify;">Rajagukguk, Waminton. 2015. <em>Evaluasi Hasil Belajar Matematika. </em>Yogyakarta: Media Akademi.</p> <p style="text-align: justify;">Razak, Abdul. 2009. <em>Statistika Pengolahan Data Sosial Sistem Manual</em>. Pekanbaru: Autografika Pekanbaru</p> <p style="text-align: justify;">Rusma. 2012. <em>Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru</em>. Depok: Rajawali Pers.</p> <p style="text-align: justify;">Suprijono, Agus. 2015. <em>Cooperative Learning </em>: Teori &amp; Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka belajar</p> <p style="text-align: justify;">Winataputra, Udin S. 2007. <em>Strategi Belajar Mengajar </em>: Jakarta: Universitas Terbuka</p> Muni Andini, Fabelia Andani Barutu Copyright (c) http://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM/article/view/33 Sun, 10 Nov 2019 00:00:00 +0700 PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HOREY DENGAN TEKNIK KERJA KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MA AL-MAARIF TEBING TINGGI BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI http://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM/article/view/34 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Course Review Horey&nbsp; </em>dengan teknik kerja kelompok terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MA_AL Maarif tebing tinggi barat Kabupaten Kepulauan Meranti. Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian <em>Q</em><em>uasi Eksperimen</em> dan desain yang digunakan adalah <em>Posttest-only Design with Nonequivalent Group</em>. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Al-Maarif tebing tinggi Barat Semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 2 kelas, yang berjumlah 21 siswa pada masing-masing kelas. Sampel penelitian ini adalah kelompok eksperimen dengan Model Pembelajaran <em>Course Review Horey </em>dari kelas XI IPS<sup>2</sup> sebanyak 21 siswa dan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional dari kelas XI IPS<sup>1</sup> sebanyak 21 siswa. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa.. Observasi dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan dengan Model Pembelajaran <em>Course Review Horey</em>. Data tentang peningkatan hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar tes siswa setelah tindakan.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes”t” untuk sampel kecil (N&nbsp;yang tidak berkolerasi. Dari analisis data yang dilakukan dengan penerapan Model Pembelajaran <em>Course Review horey</em> diperoleh nilai t<sub>o </sub>= 2,99 yang berarti lebih besar dari t<sub>t</sub> (t<sub>o</sub>&gt; t<sub>t</sub>) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu (2,22 &lt; 2,99 &gt; 2,72) sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika siswa yang mengunakan Model Pembelajaran <em>Course Review Horey </em>mengalami peningkatan yang lebih baik dari pada siswa yang mengunakan pembelajaran konvensional pada materi barisan.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Abstract</strong></p> <p style="text-align: justify;">This study aims to determine the effect of learning model of Horey Course Review with Group work Techniques on student result of class XI MA AL-Maarif Tebing tinggi barat kabupaten kepulauan meranti. This Research Is Quasi Experimental Research and design used is Posttest-only Design with Nonequivalent Group The subject of this research is Class XI MA AL-Maarif Tebing Tinggi Barat.Populasi this research is student of class XI MA Al-Maarif high cliff West Semester 1 year lessons 2017/2018 as many as 2 classes, which amounted to 21 students in each class. The sample of this research is experimental group with Course Learning Model Horey from class XI IPS2 as many as 21 students and control group with conventional learning from class XI IPS1 as many as 21 students. So the total sample is 42 students.Data collection techniques used in this study is documentation to determine the state of the school, teachers and students .. The observation was done 3 times meeting with Learning Model Course Review Horey. Data on the improvement of students' learning outcomes was obtained through the student test sheet after the action. The data analysis technique used in this study was the "t" test for a small sample (N &lt;30) that was not correlated. From the data analysis done by applying the Course Learning Model Review horey obtained value to = 2, 8 which means bigger than tt (to&gt; tt) either at the significant level of 5% or 1% ie (2.12 &lt;2.58&gt; 2, 94) so ​​that null hypothesis is rejected and alternative hypothesis accepted.Based on the results of data analysis can be concluded that the improvement of mathematics learning outcomes of students who use the Learning Model Course Review horey experienced a better improvement than students who use conventional learning on the line material.</p> <p style="text-align: justify;"><strong><em>Keywords : Course Review Horey (CRH), Learning Outcomes, Matematiics Achievement</em></strong></p> <p style="text-align: justify;"><strong>DAFTAR PUSTAKA<br></strong></p> <p style="text-align: justify;">nitah, Sri. 2014. <em>Strategi Pembelajaran di SD. Yogyakarta : </em>Universitas Terbuka.</p> <p style="text-align: justify;">Daryanto. 2011. <em>Administrasi pendidikan</em>. Jakarta : Rineka Cipta</p> <p style="text-align: justify;">Hamalik, Oemar. 2009. <em>Proses Belajar Mengajar.</em> Jakarta : PT. Bumi Aksara.</p> <p style="text-align: justify;">Hartono. 2012.<em>Statistik untuk Penelitian.</em>Yogyakarta :Pustaka Belajar</p> <p style="text-align: justify;">Hermawan, Asep Herry. 2011. <em>Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran.</em> Jakarta : Universitas Terbuka.</p> <p style="text-align: justify;">Komariah, Aan, Engkoswara, Ridwan. 2011. <em>Administrasi Pendidikan.</em> Bandung : Alfabeta.</p> <p style="text-align: justify;">Kunandar. 2011. <em>Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. </em>Jakarta :Rajawali Pers.</p> <p style="text-align: justify;">Murshito, Joko. 2011. <em>Mengajar Dengan Sukses ;Menciptakan Suasana riang Gembira dikelas. </em>Jakarta :Pustaka Tunas Media.</p> <p style="text-align: justify;">Ngalimun. 2015. <em>Strategi dan Media Pembelajaran. </em>Sleman Yogyakarta : Aswaja Pressindo.</p> <p style="text-align: justify;">Ngalimun dkk. 2016. <em>Strategi dan Media Pembelajaran. </em>Sleman Yogyakarta : Aswaja Pressindo.</p> <p style="text-align: justify;">Roestiyah. 2012. <em>Strategi Belajar Mengajar.</em> Jakarta : Rineka Cipta.</p> <p style="text-align: justify;">Sanjaya, Wina. 2008. <em>Kurikulum dan Pembelajaran.</em> Jakarta : Kencana.</p> <p style="text-align: justify;">Sugiyono. 2016. <em>Metode Penelitian Pendidikan : pendekatan kuatitatif, Kualitatif dan R&amp;D. </em>Alfabeta : Bandung</p> <p style="text-align: justify;">Triwiyanto, Teguh. 2015. <em>Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. </em>Jakarta : PT Bumi Aksara.</p> <p style="text-align: justify;">Zariah, Nurul. 2007. <em>Metodologi Penelitian sosial dan pendidikan. </em>Jakarta : PT Bumi Aksara.</p> Nurhadi, Dwi Septina Sari Copyright (c) http://stkipmeranti.ac.id/ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM/article/view/34 Sun, 10 Nov 2019 00:00:00 +0700