PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 RANGSANG PESISIR KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI
Abstract
Kompetensi yang diharapkan dalam pembelajaran matematika menuntut siswa agar lebih maksimal dalam pembelajaran untuk mencapai harapan tersebut, diperlukan usaha yang benar-benar baik dari guru maupun siswa. Usaha yang dllakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan melakukan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasinya siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti dan sampelnya kelas VIIB sebagai kelas eksperimen sebanyak 23 orang dan kelas VIIA sebanyak 23 orang. Berdasarkan hasil penelitian setelah postes dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan pembelajaran secara konvensional. Perbedaan nilai dapat dilihat dari Uji tes “t” dimana 0.017 < 0.05 yang artinya hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi.2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.
Hamdayana, Jumanta.2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta:Bumi Aksara.
Kurniasih, Imas & Sani Berlin.2015. Model Pembelajaran. Jakarta:Kata Pena.
Purwanto, (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta :
Ratumanan, T.G.2008. Super Matematika untuk SMP dan MTS kelas VIII. Jakarta:Esis.
Sanjaya, Wena.2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana.
Sudjana, Nana.2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Suprihatiningrum, Jamil.2014. Strategi Pembelajaran. Yoyakarta : Ar Ruzz Media
Suryabrata, Sumadi.2015.Metodologi Penelitian. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Tim.2013.Aksiomatik(Jurnal).Pekanbaru:Alzaber.