PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RANGSANG PESISIR KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI
Abstract
Kompetensi yang diharapkan dalam pembelajaran matematika menuntut siswa agar lebih maksimal dalam pembelajaran untuk mencapai harapan tersebut, diperlukan usaha yang benar-benar baik dari guru maupun siswa. Usaha yang dllakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan melakukan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasinya siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti dan sampelnya kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 orang dan kelas VIII1 sebanyak 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian setelah postes dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan pembelajaran secara konvensional. Perbedaan nilai dapat dilihat dari Uji tes “t” dimana 0.036 < 0.05 yang artinya hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima.