PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TEBING TINGGI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

  • Muni Andini Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan matematika
  • Fabelia Andani Barutu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan Matematika
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi adalah sebagian dari mereka mengakui kesulitan dalam memahami pelajaran Matematika, dan ditambah kurangnya keinginan siswa untuk bertanya pada materi yang tidak mereka pahami. Untuk memperbaiki hasil belajar pada siswa tersebut adalah dengan pendekatan pembelajaran yang sesuai. Dalam hal ini peneliti menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasinya seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti dan sampelnya kelas  sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 orang dan kelas  sebagai kelas kontrol sebanyak 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian setelah postest dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan pembelajaran secara konvensional. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 85.75 dan kelas kontrol yaitu 75. Dari penelitian ini, didapat dan . Kriteria pengujian  maka  ditolak sebaliknya  diterima. Berarti rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dibandingkan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelas kontrol.

Abstract

One of the factors causing the low learning outcomes of Mathematics of Grade VIII students of SMP Negeri 3 Tebing Tinggi is that some of them recognize difficulties in understanding Mathematics lessons, plus the lack of students' desire to ask questions about materials they do not understand. To improve students' learning outcomes is by appropriate learning approach. In this case the researcher uses Jigsaw type cooperative learning. Jigsaw type cooperative learning is one of cooperative learning that encourages students to actively and assist each other in mastering the subject matter to achieve maximum achievement. This research is experimental research with the population of all students of grade VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi of Meranti Regency and the sample of class as experiment class as many as 20 people and class  as control class as many as 20 people. Based on posttest research result, it can be concluded that there is difference of learning result between experimental class using Jigsaw type cooperative learning model with control class using conventional learning only. The average value in the experimental class is 85.75 and the control class is 75. From this research,  = 2.90 and (0.05) = 2.09  (0.01) = 2.72. Testing criteria  >  then  rejected otherwise  accepted. Means the average of student learning outcomes in the experimental class is significantly better than the average of students' mathematics learning outcomes in the control class.

Keywords : Influence of Jigsaw Cooperative Learning Model, Student Learning Outcomes of Mathematics

DAFTAR PUSTAKA

Emzir. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Faizah, Hasanah. 2009. Menulis Karangan Ilmiah. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hartono. 2010. Strategi Untuk Penelitian : Yogyakarta: Pustaka Belajar

Hergenhahn dan Matthew H. Olson. 2009. Theories Of Learning. Jakarta: Prenada Media Group.

Natuna, Daeng Ayub. 2006. Belajar Teori Belajar Dalam Pembelajaran. Pekanbaru: Universitas Riau.

Rajagukguk, Waminton. 2015. Evaluasi Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: Media Akademi.

Razak, Abdul. 2009. Statistika Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika Pekanbaru

Rusma. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Rajawali Pers.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning : Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka belajar

Winataputra, Udin S. 2007. Strategi Belajar Mengajar : Jakarta: Universitas Terbuka

Published
2019-11-10
Section
Articles