PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NURUL IMAN SENDANU DARUL IKHSAN KECAMATAN TEBINGTINGGI TIMUR

  • Diana Alfiana Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan Matematika
  • Mayona Chantika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan Matematika
Keywords: Pembelajaran kooperatif, Model Think Talk Write

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, dimana pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada kelas VII MTS Nurul Iman Sendanu Darul Ikhsan Tebing Tinggi Timur dan kelas control diberikan model pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik sampling purposive. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil perhitungan diperoleh tobservasi = 0,01, yang artinya p < α atau 0,01 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tobservasi < α. Dengan demikian ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTS Nurul Iman Sendanu Darul Ikhsan Tebing Tinggi Timur. Ini berarti hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternative diterima.

Abstract

The purpose of this research is to know whether is the effect of Cooperative Learning Model Type Think Talk  Write (TTW) towards result of studying mathematics student. The kind of this research is quasy experiment in which class applied cooperative learning model Think Talk Write (TTW) on 7 th grade class of MTs Nurul Iman Sendanu Darul Ikhsan Tebing Tinggi Timur and class control was given conventional learning model. The technique taking sampling is sampling saturated technique. The Hypothesis testing used T-test. The result of calculation got tobsevation = 0,01. The meaning p < α or 0,01 < 0,05. This show that tobsevation < α significant level. Thus there is the effect of cooperative learning model type Think Talk Write (TTW) toward result of studying mathematics student on 7th grade class of MTs Nurul Iman Sendanu Darul Ikhsan Tebing Tinggi Timur. The means the zero hypothesis is rejected and hypothesis is accepted.

Keywords: Cooperative Learning, Think Talk Write Model

DAFTAR PUSTAKA

Ariawan, Rezi dan Hayatun Nufus. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII ditinjau Berdasarkan Level Kemampuan Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Symmetry, Vol. 3 No. 2, hal. 436-445.

Arikunto, Suharsimi., dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewayani, Dian Ayu. 2016. Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) terhadap Hasil Belajar Pemecahan Soal Cerita Bilangan Bulat Matematika Siswa Tunarungu. Skripsi pada Universitas Negeri Surabaya. Tidak diterbitkan.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008.  Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hartono. 2008. Strategi Pembelajaran. Pekanbaru: LSFK2P

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Husna, Asmaul. 2016. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kecamatan Lembah Gumanti. Jurnal Phytagoras, Vol 5 No. 1, hal. 6-11.

Jamil. 2014. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Arruzmedia.

Lie, Anita. 2007. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Purwanto.2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Riduwan. 2014. Dasar-dasar Statistika. ed. rev. Bandung. Alfabeta

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafinda Persada.

Sari, Dian Marisanita. 2009. Penerapan Strategi Think-Talk-Write (TTW) dalam pembelajaran Matematika ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Skripsi pada Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tidak diterbitkan.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung. Tarsito

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatid dan R&D. . Bandung. Alfabeta.

Suherman, Eman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI.

Sundayana, Rostina. 2010. Statistika Penelitian Pendidikan. Garut: STKIP Garut Press.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Published
2019-11-10
Section
Articles