PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUNDROBIN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs HIDAYATUL MUTA’ALLIM MENGKIRAU¬¬ KECAMATAN TASIK PUTRIPUYU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

  • Sidratul Ula Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan Matematika
  • Fabelia Andani Barutu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan Matematika
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Matematika

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi nilai siswa yang rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Round Robin Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Hidayatul Muta’allim Mengkirau. Penelitian ini merupakan penelitian dengan rancangan Pretest dan Posttest sampel dalam penelitian ini adalah 56 siswa yang terdiri dari 28 siswa untuk kelas eksperimen dan 28 siswa untuk kelas kontrol. Setelah diberi perlakuan diperoleh nilai tes hasil belajar metematika siswa pada pokok bahasan Himpunan.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe Round Robin berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin sebesar 83,57 sedangkan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional sebesar 69,82. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian, nilai x2hitung pada kelas eksperimen sebesar 7,25 sedangkan untuk nilai x2hitung pada kelas kontrol sebesar 6,11 harga x2tabel dalam tarif signifikan 5% adalah 15,3 untuk kelas eksperimen dan 18,2 untuk kelas kontrol. Sehingga hasil belajar matematika dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar model pembelajaran konvensional.

Abstract

This study is an experimental study with a background of low student scores. This study aims to determine the effect of the Round Robin type of cooperative learning model towards the mathematics of class VII students MTs Hidayatul Muta’allim Mengkirau. This research with pretest and posttest design the sample in this study was 56 students consisting of 28 students for the exsperimental class and 28 students for the control class. After being treated, the scores of students’ mathematics learning results were obtained on the subject set. The results of the study revealed that the Round Robin Type Cooperative learning model affected students’ mathematics learning outcomes. The average student mathematics learning ouctcomes taugh with Round Robin Cooperative learning models are 83.57 while the average mathematics learning outccomes of student taught with conventional learning models amounted to 69.82. Based on the calculation of the results of the study, value of x2count in the exsperimental class at 7.25 while for value of x2count in the control class of 6.11price x2table 5% contive rate is 15,3 for the exsperimental class and 18.2 for the control class. So thet the mathematics learning outcomes with the Round Robin Cooperative learning model are higher than the learning outcome of the conventional learning model.

Keywords : cooperative Learning, mathematics

DAFTAR PUSTKA

Purwanto, (2009).Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nana Syaodih Sunadinata, (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyono Abdurrahman, (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Agus Supri Jono, (2009). Kooperatife Learnimg: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hari Wijaya, Sutan Surya, (2007). Adventures In Math Tes IQ Matematika. Yogyakarta: Tugu Publisher.

Burhanuddin Salam, (2004). Cara Belajar Yang Sukses Diperguruan Tinggi.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Elvi Yuliani Rochmah, (2005). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Tera.

Anitah Sri, (2009).Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ibrahim, Muslim dan Muhammad Nur, (2000).Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya.

Yatim Riyanto, (2009)  ParadigmaPembelajaran, Jakarta: Kencana.

Robert E. Slavin, (2008).Cooperatif Learning Teori, Riset dan Praktis. Bandung: Nusa Media.

Kunandar, (2007).Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Published
2019-11-11
Section
Articles