PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TASIK PUTRIPUYU KECAMATAN TASIK PUTRIPUYU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

  • Subroto Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan Matematika
  • Dwi Septina Sari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan Matematika
Keywords: Model Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching And Learning), Hasil Belajar Matematika

Abstract

Model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) merupakan model pembelajaran yang tepat dalam mengupayakan pembelajaran matematika yang kontektual terhadap permasalahan sehari-hari. Model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) cendrung menekankan keterkaitan antara materi ajar dengan masalah yang benar-benar ada dilingkungan siswa  sehingga siswa lebih mudah memehami suatu kaedah atau teori matematika melalui persoalan sehari-hari di sekitar lingkungan mereka. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan Apakah terdapat pengaruh dan seberapa besar pengaruh model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tasik Putripuyu Kecamatan Tasik Putripuyu Kabupaten Kepulauan Meranti serta untuk menemukan cara yang ideal dalam meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimental yang melibatkan dua grup, grup eksprimen dan grup kontrol dengan menggunakan tes awal dan tes akhir (pretest-posttest control group exprimental design), dengan sampel perlakuan berjumlah 20 koresponden sedangkan sampel kontrol 14 koresponden. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan antara grup eksprimen dengan grup kontrol, dimana dari hasil analisis diproleh thitung = 8,446. Sedangkan ttabel pada taraf signifikan α (0,05) dan dk = nA + nB -2=32, diperoleh nilai ttabel = 1,694. Berarti thitung (8,446) > ttabel (1,694), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Denagn demikan terdapat pengaruh model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Tsik Putripuyu Kecaamatan Tasik Putripuyu Kabupaten Kepulauan Meranti.

Abstract

CTL model (Contextual Teaching and Learning) is a rigth model in attampting mathematic teaching and learning whic is contextual for daily problam. Contextual Teaching and Learning Model tends to prompt an integrated subject, between lesson subject with the real daily problam subject around, so that students  can understand an mathematic theory easier trhough their real daily problam around.This research is made in order to proof wheter there is an influence and how much the fluence of CTL model (Contextual Teaching and Learning) to student’s mathematic learning result of grade VIII of SMP Negeri 1 Tasik Putripuyu Kecamatan Tasik Putripuyu Kabupaten Kepulauan Meranti and it is also made in order to find an ideal way to enhance student’s learning result. This research is cuantitative exprimental whic is envolves two group, experiment group and control group. This research apply pretest and posttest (pretest-posttest control group exprimental design) with 20 sample corespondences of experiment group and  14 sample corespondences of control group. According to research result, there is a difference between experiment group and control group. The analysis shows that tcount = 8,446.  whereas ttable in α significan grade is (0,05) and df = nA + nB -2=32, gives ttable value= 1,694. That means tcount (8,446) > ttable (1,694), so that Ha is accepted and Ho is refused.

Key words :     Ctl Model (Contextual Teaching and Learning), Mathematic Learning Result.

DAFTAR PUSTAKA

Abdur Rahman As’ari, Muhamad Tohir, Erik Valentin, Zinul Imron, Ibnu Taufik. 2002. Buku Guru Matematika Kelas VIII SMP/MTs. JakartA: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Afandi Muhamad, Chamalah Evi, Puspita Wardani Oktarina. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press.

Anggoro M. Toha, dkk. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Asrul, Ananda Rusydi, Rosnita. 2006. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Daud Damanhuri, Syahrilfudin, N Lazim.. 2006. Pemantapan Kemampuan Mengajar. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Hamdayama Jumanta.  2016.  Metodologi  Pengajaran.  Jakarta:  Bumi Aksara.

Hastratuddin. 2014. Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Bebasis Karakter.  Jurnal Didaktik Matematika. 1(2): 33.

Novitasari Lilis, Leonard. 2017. Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika.  Jurnal Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. : 33.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sabri Ahmad. 2007. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Padang: Quantum Teaching.

Sarwono Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Graha Ilmu.

Sugiyono.  2007.  Statistika  Untuk   Penelitian.  Bandung:  CV  ALFABETA.

Werkanis. 2002. Strategi Mengajar dalam Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Pekanbaru: PT Sutra Benta Perkasa.

Tohir, Muhammad, dkk. 2017. Buku Guru Matematika. Jakarta :Pusat Kurikulum dan Pembukuan.

Published
2019-11-10
Section
Articles