PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 MERBAU KECAMATAN MERBAU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

  • Jumiliana Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan Matematika
  • Rozuna Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan Matematika
Keywords: Think Pair Share (TPS), Hasil belajar metematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share (TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 1 Merbau. Penelitian ini delaksanakan di SMA Negeri 1 Merbau pada bulan September 2018.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quai eksperien, dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah 62 siswa, yang terdiri atas 31 siswa pada kelas eksperimen dan 31 siswa paa kelas kontrol.Instrument yang diberikan berupa tes yang terdiri dari beberapa soal.uji prasyarat yang digunakan adalah uji chi kuadrat untuk menguji normalitas data dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh nilai hasil belajar matematika bahwa data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian, siswa yang diajarkan dengan pembelajaran think pair share (TPS) lebih tinggi, dibandingkan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat nilai rata – rata kelas eksperimen adalah 83.5806452  dan rata – rata kelas kontrol adalah 77.5483871 . dari rata – rata nilai eksperimen dan kontrol nilai to = 3.060 yang berarti lebih besar dari tt = 2.65, baik pada taraf sisnifikan 5% maupun 1% yaitu (2.00 < 3.060 > 2.65) maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share (TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa ke;as XII SMA Negeri 1 Merbau.

Abstract

This research was made toknow about influence of THINK PAIR SHARE(TPS) Modeltomathematiclearning result of student gradeXII XII SMA Negeri 1 Merbau. This research was made at SMA Negeri 1 Merbau 0n September 2018. The Metode was used in this research is quai exsperience, with purposive sampling way. This subject  research is 62 student, there is 31 students in experiment classand 31 incontrol class.The Instrument wassomes test, whit some question. Precondition test is chi quadrat test,to axaminedata normalityand homogenity test. According toresult of normality data test,it seem thatvalue ofmathematic learning resultwas distributed normaly. fromthe research, value ofmathematic learning resultof think pair share (TPS) higher thanconventional learning result metode. It shown byavarage value of experimentclass, it is 83.5806452  butavarage value ofcontrol classis 77.5483871 . according toavarage value of experiment andcontrol class, value of to = 3.060 that meanshigher than tt = 2.65, wheter significant value for  5% or 1% that is (2.00 < 3.060 > 2.65) so that, Haaccepted. And thanthat means there is ainfluence of THINK PAIR SHARE(TPS) Modeltomathematiclearning result of student grade XII SMA Negeri 1 Merbau.

Key word : Think Pair Share (TPS), Mathematic Learning Result

DAFTAR PUSTAKA

Afandi, Muhammad, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Arikunto, Suharmi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hartono . 2004. Statistik untuk penelitian. Yogyakarta: pustaka belajar.

Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif Jilid 1. Medan: Media Persada.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme  Guru Edisi Ke-2. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah.2010.Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam penelitian. Yogyakarta: ANDI

Suprihatiningrum, Jamil.2014. Strategi Pembelajaran dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suri, ADY dkk. 2014. Kajian Eksperimen Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP  Negeri 4 Muara Bungo. 2:2-5.

Tohir, Muhammad, dkk. 2017. Buku Guru Matematika. Jakarta :Pusat Kurikulum dan Pembukuan.

Published
2019-11-10
Section
Articles