PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNINGUNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 TASIK PUTRI PUYU KECAMATAN TASIK PUTRI PUYU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

  • Azwardi Susanto Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan Matematika
  • Mayona Chantika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan Matematika
Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan penerapan pembelajaran discovery learning pada siswa kelas VIIA di SMP Negeri 2 Tasik Putri Puyu kecamatan Tasik Putri Puyu Kabupaten Kepulauan Meranti. Dimana penelitian ini dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran dikelas, salah satunya yaitu meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan cara malakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran dikelas secara profesional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA di SMP Negeri 2 Tasik Putri Puyu Kecamatan Tasik Putri Puyu Kabupaten Kepulauan Meranti pada semester ganjil pada tahun ajaran 2018/2019. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan sebanyak 4 kali petermuan dengan 2 kali tindakan dengan menerapkan penbelajaran discovery learning. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembaran tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika dengan penerapan model discovery learning pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Tasik Putri Puyu Kecamatan Tasik Putri Puyu Kabupaten Kepulauan Meranti. Ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada pertemuan sebelum tindakan rata-rata 62.65, sedangkan rata-rata penerapan discovery learning pada siklus I 68.00, dan pada siklus II adalah 76.50. 

Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar

Abstract

This research made in orther  to enhance Learning Result OF Mathematic for Student Grade VII of SMP Negeri  2 Tasikpuyu Kecamatan Tasik Putripuyu Kabupaten Kepulauan Meranti. In wich this research is class action experiment (PTK), That is a practice experiment to improve shortages of learning in class. One of other is Enhance student Learning Result of Mathematic through some class treatment in orther to improve and enhance some learning practics in class professionaly.The subject in this research is Student Grade VII of SMP Negeri  2 Tasikpuyu Kecamatan Tasik Putripuyu Kabupaten Kepulauan Meranti in odd semester of 2018/2019 years leson. Instrumens wich is used for this experiment is observation, in wich done for four times seasson with two times action of discovery learning model. Documentation is done to know school condition, student and teacher. Student learning result gotten from test insrument of student learning result before and after class action.According to data analitic there is a learning result enhancement  from Discovery Learning Model  treatment for Student Grade VII of SMP Negeri  2 Tasikpuyu Kecamatan Tasik Putripuyu Kabupaten Kepulauan Meranti. It can be looked from student learning result wich avarage before treatment is 62,65 even after discovery learning treatment is 68,65 for cycle I and 75,75 for cycle II

Keyword : Discovery Learning, Learning Result

DAFTAR PUSTAKA

Afandi, Muhamad. Chamalah, Evi. Puspita, Wardani Oktarina. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Sekolah. Unissula Press.

Arikunto, suharsimi. dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Buni Aksara.

Depertemen Pendidikan Nasional. 2007.  Model Penilaian Kelas. Jakarta. Kemedikbut

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral guru dan Tenaga Pendidik. 2017. Modul Pengembangan keprofesian Berkelanjutan.Jakarta

Kunandar.2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindfo Persada.

Sabri, Ahmat. 2007.  Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Ciputat: Ciputat press. 

Sudijono Anas.2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Suyono & Hariyanto.2014.Belajar dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2006. Belajar dan Fakto-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Yuliastuti.Hermaizul.2011. Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP.

Published
2019-11-10
Section
Articles