PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MERBAU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI
Abstract
Hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Merbau belum memuaskan, karena nilainya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran Talking Stick berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Merbau?". Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan selama tiga kali pertemuan, pada pertemuan keempat diadakan evaluasi. Sampel penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Merbau, kelas VIIIPintar sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan kelas VIIIBijak sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa juga. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Talking Stick pada materi kubus dan balok dapat berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada SMP Negeri 1 Merbau. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata siswa yaitu kelas eksperimen, yaitu 85,46 dan kelas kontrol 56,67. Nilai uji “t” pada penelitian ini adalah thitung = 10,7 dan ttabel = 2,66. Kriteria penggujian ini telah terbukti terima Ha yaitu thitung > ttabel. ini berarti rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa dikelas kontrol, setelah menggunakan model pembelajaran Talking Stick.
Abstract
The result of mathematics learning of Grade VIII students of SMP Negeri 1 Merbau has not been satisfactory, because its value is below Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). This is due to the less varied learning that is done with a particular approach. This study aims to improve students' mathematics learning outcomes by using the Talking Stick learning model when learning. The formulation of the problem in this study is "What the model affect the learning Talking Stick of a result mathematics students of class VIII SMP Negeri 1 Merbau?". The type of this research is experimental research conducted during three meetings, on the fourth meeting held evaluation. The subjects of this study were students of SMP Negeri 1 Merbau, VIIIPintar class of 32 people and class VIIIBijak which amounted to 32 people as well. In the results of this study shows that learning by using Talking Stick learning model on cube and block material can improve student learning outcomes. This can be proven from the average score of students that is the experiment class of 85.46 and the control class 56.67. also t-test value in this research is tcount = 10,7 and ttable = 2,66 criterion of this test proved accept H1 that is tcount > ttable. this means that the average of the students' mathematics learning outcomes in the experiment class is significantly better than the average of student learning outcomes in control class after using Talking Stick learning model.
Keywords: Talking Stick, Learning Outcomes.
Aisyah, Nyimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SMP. Jakarta: Direktorat Jend. Pendidikan Tinggi Depdiknas.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta : Rineka Cipta.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual
(Inovatif). Bandung : Yrama Widya.
Asmani Jamal, Ma’mur. 2011. Pembelajaran Aktif, Kreatif Efektif, dan
Menyenangkan. Jogjakarta : DIVA Press.
Hamalik Oemar, 2001. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Hasan, Rasmani. 2009. Penerapan Talking Stick Untuk Motivasi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Surabaya : Pustaka Pelajar.
Syah Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Pt. Remaja Rosdakarya
Widodo, Rahmat 2009. Model Pembelajaran Talking Stick. Jakarta : Rineka Cipta.