PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TEBING TINGGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas VII SMP Negeri 2 Tebing Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Dimana populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tebing Tinggi yang berjumlah 7 kelas. Sedangkan Sampel dari penelitian ini adalah kelompok eksperimen dari kelas VII.3 dengan model PBL yang berjumlah 29 siswa dan kelompok Kelas Kontrol dari kelas VII.2 yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Dari tes yang dilakukan pada pertemuan terakhir di peroleh nilai Signifikan test âtâ 0,01 yang berarti lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 (0,01 < 0,05) sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan yang lebih baik dibandingkan siswa yang tidak menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Ini dapat dilihat dari perbedaan mean antara kedua kelas variabel dimana mean kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) sebesar 87,75 dan mean dari kelas kontrol sebesar 78,79.
Abstract
This study aims to determine the effect of Problem Based Learning (PBL) model of learning outcomes of students in the subjects of mathematics class VII SMP Negeri 2 Tebing Tinggi. This research is an experimental research. Where the population of this study is class VII SMP Negeri 2 Tebing Tinggi which requires 7 classes. While the sample of this research is experimental group of class VII.3 with model of compact Problem Based Learning (PBL) 29 students and group. Data completion technique done in this research is observation and test. From the tests conducted at the last meeting at the end of the "t" test 0,01 which means greater than the ttable both at a significant 0,05 (0,01 < 0,05) made a null hypothesis rejected and. Based on the results of data analysis can be concluded with the results of learning mathematics students using Problem Based Learning (PBL) model has improved better than students who do not use the Problem Based Learning (PBL) model. This can be seen from the mean difference between the two classes of variables which means the experimental class using the Problem Based Learning (PBL).786 model and the mean of the control class is 78.79.
Keywords: Problem Based Learning (PBL), Learning Outcomes.
DAFTAR PUSTAKA
Daryanto. 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Hamzah B.Uno, 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : PT.Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Karso, dkk. 2014. Pendidikan Matematika I. Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka
Ngalimun, dkk. 2015. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo
Muhibbin, 2004. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Musfiqon. 2012. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya
Umar. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : UPI
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group
Sanjaya,Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran:Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Kencana
Thobroni. 2011. Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media
Wahyudin. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Universitas Terbuka
Widodo. 2012. Cerdik Menyusun Proposal Penelitian, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta : Magna Script Publishing