PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TEBING TINGGI

  • Dian Malisa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan matematika
  • Fabelia Andani Barutu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti, Program Studi Pendidikan matematika
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe  investigasi kelompok terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tebing Tinggi dengan mengambil 2 kelas sebagai sampel dari populasi 8 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa, observasi dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksprimen dengan desain posttest-only control design. Analisis dan pengolahan data dilakukan secara manual dan dengan menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran investigasi kelompok mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Berdasarkan analisis yang dilakukan diketahui nilai signifikansi (Sig) sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05, maka Ho diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi.

Abstract

The research aimed to know the effect using cooperative learning type model group investigation toward mathematics achievement at the first year students of SMP Negeri 1 of  Tebing Tinggi. The research was done in SMP Negeri 1 of Tebing Tinggi by taken two class as a sample of eight classes  population. Technique of data accumulation used the learning achievement of task student, observation and documentation. The method of research used were quasi experiment with posttest-only control design, analysis and data processing were done by manual system using SPSS program versi 21. The achievement of research pointed the learning model investigation group had positive effect and significance about the learning result. Based on the analysis were done, known the significancy value (sig) was 0.000 smaller than 0.05. So, Ho was receivable with the result that concluded indeed there was an the effect of using cooperative learning type model group investigation toward mathematics achievement at the first year students of smp negeri 1 of tebing tinggi.

Keywords: Cooperative Learning Type Model Group Investigation, Mathematics Achievement

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Engkoswara, 2011. Administrasi pendidikan. Bandung : ALFABETA

Huda, Miftahul. 2015. Model-model Pengajaran danPembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : pustaka pelajar

Ngalimun. 2016. Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Prihartantao, Danni. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Teorema Phytagoras Pada Siswa Kelas VIIID Semester Ganjil SMPN 1 Pakusari Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 4 No.3 tahun 2013

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rahman, dkk. 2017. Buku Guru Matematika Edisi Revisi 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud

Razak, Abdul. 2005. Statistika. Pekanbaru : Autografika

Riduwan. 2014. Cara Mudah Menggunakan dan Memakai PATH ANALYSIS (ANALISI JALUR). Bandung : Alfabeta

Rusman. 2016. Model-model pembelajaran. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada

Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses   Pendidikan. Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP.

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algasindo

Suprihatiningrum, Jamil. 2014. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : AR-RUZZ  media

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Turmudi, 2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika. Jakarta: Leuser Putra Pustaka

Waminton, 2015. Evaluasi Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: Media Akademi

Published
2019-10-30
Section
Articles