PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALY (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 RANGSANG BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualy (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rangsang Barat pada bulan November 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan sampling purposive. Subjek penelitian ini adalah 40 siswa, yang terdiri atas 20 siswa pada kelas eksperimen dan 20 siswa pada kelas kontrol. Instrumen yang diberikan berupa tes yang terdiri dari beberapa soal uraian. Uji prasyarat yang digunakan adalah Uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh bahwa kedua populasi berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualy (TAI) terlihat nilai rata-rata hasil belajar lebih tinggi, dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 85,75 dan rata-rata kelas kontrol adalah 75. Dari rata-rata nilai ekperimen dan kontrol diperoleh nilai t0 = 2,90 yang berarti lebih besar dari tt = 2,72, baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu (2,02 < 2,90 > 2,72) maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualy (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rangsang Barat.
Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Team Assisted Individualy (TAI), Hasil Belajar Matematika.
Abstract
The research aimed to determine wheter is differences in mathematics learning outcome between student learning mathematics using cooperative learning tipe Team Assisted Individualy (TAI) and student who learn mathematics use conventional learning. Research conduct at SMP Negeri 1 Rangsang Barat November 2018. The method used in this study was quasi eksperiment. Sampling was done by sampling purporsive. The subject of current study was 40 student comprised student eksperiment class of 20 student and control 20 student. The instrument provided in is essay form. Analytical teqniques used was chi kuadrat to test the normality of the data and linearitas test used SPSS versi 21. Based on result of test normality is obtained that the population. Based on result the student who teach with cooperative learning tipe TAI had move average value of mathematics learning equal the student who teach with conventional learning. Can we see based on value of experimental class avarege is 85,75 and average value of control class is 75. There significan infuence between learning with cooperative tipe Team Assisted Individualy (TAI). Based on the analysis were don, known the significancy value (sig) was , so Ho was receivable with the result that concluded indeed there was and influence of learning of Team Assisted individualy (TAI) about the result of mathematics learning student in class VII state Junior High School 1 Rangsang Barat.
Keywords : Cooperative Learning, Team Assisted Individualy (TAI), The Result Of Mathematics Learning
DAFTAR PUSTAKA
Toha, Anggoro Muhammad, dkk. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hartono, 2004. Statistik. Yogyakarta : Pustakan pelajar.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka belajar.
Lambas, dkk. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika (Buku 3). Yogyakarta: Universitas terbuka.
Ngalimun. 2012. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Roestiyah. 2012. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar 54 Proses Pendidikan. Jakarta: Penerbit Prenada media Group.
Suprijono, Agus. (2012). Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slavin. E. Robert. 2009. Cooperative Learning: Teori, Riset, Dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Sudijono, Anas. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono, 2011. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alvabeta
Utari, Sumarno. 2002. Alternatif Pembelajaran Matematika Dalam Implementasi. Jakarta: Pustaka Belajar
Winataputra, Udin. dkk. 2007. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Universitas Terbuka.
Widdiharto, Racmadi. 2004. Model-model pembelajaran matematika SMP. Yogyakarta: PPPG Matematika dan Direktorat Dikdasmen.