PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS VIII MTs AL-ISTIQOMAH ALAHAIR SELATPANJANG

  • Siti Miftahuljannah Program Studi Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti
  • Dwi Septina Sari Program Studi Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti
Keywords: Model Pembelajaran Quantum Teaching, Hasil Belajar Matematika

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Al-Istiqomah Alahair Selatpanjang. Dimana Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah posttest-only design with nonequivalent group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Istiqomah Alahair Selatpanjang Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020  yang berjumlah 50 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelompok eksperimen dengan model pembelajaran quantum teaching dari kelas VIII1 sebanyak 25 siswa dan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional dari kelas VIII2 sebanyak 25 siswa. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 50 siswa diperoleh dengan cara sampling pertimbangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan tes. Dokumentasi untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Observasi dilakukan oleh guru bidang studi. Observasi dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dengan model pembelajaran quantum teaching. Data tentang peningkatan hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar tes siswa setelah tindakan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes”t” untuk sampel kecil (N yang tidak berkolerasi. Dari analisis data yang dilakukan dengan penerapan model pembelajaran quantum teaching diperoleh nilai to = 2,69 yang berarti lebih besar dari tt (to> tt) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu (2,01 < 2,69 > 2,68) sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran quantum teaching mengalami peningkatan yang lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Ini dapat dilihat dari perbedaan mean kedua variabel menunjukkan kelas eksperimen dengan model pembelajaran quantum teaching  lebih baik dari kelas konvensional, dimana mean peningkatan hasil belajar kelas yang menggunakan model pembelajaran quantum teaching sebesar 83,2 dan mean peningkatan hasil belajar kelas konvensional sebesar 73,8.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Quantum Teaching, Hasil Belajar Matematika

Abstract

This study aims to determine whether learning by using quantum teaching learning model can improve students' mathematics learning outcomes of grade VIII MTs Al-Istiqomah Alahair Selatpanjang. Where this research is quasi experiment research and design used is posttest-only design with nonequivalent group. The population of this research is the students of class VIII MTs Al-Istiqomah Alahair  Selatpanjang semester 1 of the year 2019/2020 which amounted to 50 students. The sample of this research is experiment group with quantum teaching learning model from class VIII1 as many as 25 students and control group with conventional learning from class VIII2 as many as 25 students. So the total sample is 50 students obtained by way of sampling consideration. Data collection techniques used in this study is the documentation, observation and test. Documentation to determine the state of the school, teachers and students. Observations conducted by teachers of the field of study. Observation was done 4 times meeting with quantum teaching learning model. Data on improving student learning outcomes is obtained through student test sheets after action. The data analysis technique used in this study is a "t" test for a small sample (N < 30) that is not correlated. From the data analysis done with the application  of  quantum teaching learning model, it is obtained that the value to = 2,69 means bigger than tt (to> tt) both at the significant level of 5% and 1% ie (2,01 < 2,69 > 2.68) so that the hypothesis nil is rejected and alternative hypothesis accepted. Based on the results of data analysis can be concluded that the improvement of mathematics learning outcomes of students using quantum teaching learning model has improved better than students who use conventional learning on the material system of two linear equations. This can be seen from the mean difference of the two variables showing the experimental class with the quantum teaching learning model better than the conventional class, where the mean increase in class learning outcomes using the quantum teaching learning model is 83,2 and the mean increase of conventional class learning outcome is 73,8.

Keywords : Learning Model Quantum Teaching, The Result of Mathematics

DAFTAR PUSTAKA

Ansyar, Mohamad, Prof. 2015. Kurikulum “Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan”. Jakarta : Kencana.

Antari, Gusti Ayu Ary. 2014. Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kubus dan Balok pada Siswa Kelas VIII f SMP Negeri 2 Ubud Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi.(Online).

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

DePorter, Mark Reardon & Sarah Singer-Nourie. 2010. Quantum Teaching “Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas”. Bandung : Kaifa.

DePorter & Mike Hernacki. 2000. Quantum Learning “Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan”. Bandung : Kaifa.

Dimyati, Dr & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Hartono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hari Prabawanti, Estu.2015. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Diskusi Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bentuk Pangkat dan Akar Pada Siswa Kelas X.6 Semester I SMA Negeri 2 Magetan Tahun Pelajaran 2013/2014.[Online].Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 3 No. 2 (Februari 2015).

Ngalimun. 2015. Strategi dan Model Pembelajaran.  Yogyakarta : Aswaja Presindo.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Razak, Abdul. 2010. Penelitian Kependidikan “Deskripsi, Eksposisi, dan Argumentasi”. Pekanbaru : Autografika.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning : Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Published
2019-10-30
Section
Articles