PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS AL-HIDAYAH SUNGAITOHOR BARAT.

  • Wihelmus Atu Program Studi Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meranti
  • Fabelia Andani Barutu
Keywords: Model Pembelajaran Scramble, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada mata pelajaran matematika,Dimana siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Sungaitohor Barat sebagai subjek penelitian. penelitian ini juga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Sungaitohor Barat. Pada penelitian ini peneliti menerapkan model pembelajaran scramble dikelas VIII yang siswanya sebanyak 11 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan tes evaluasi. Penelitian ini dilakukan dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentasi hasil belajar siswa adalah 45,45%, sementara pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 63,63%. Terjadi peningkatan sebanyak 18,18%. Dari kedua tahap tersebut jelas ada peningkatan setelah menerapkan model pembelajaran scramble dari sebelumnya.

DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, mulyono. 2003.pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Engkoswara dan Aan Komariah.2010.administrasi pendidikan.Soreang: Alfabeta Bandung.

Hamalik, oemar. 2001. Proses belajar mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Kunandar. 2011. Langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Ngalimun. 2012. Strategi dan model pembelajaran.sleman Yogyakarta: aswaja pressindo.

Sanjaya, wina. 2008. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta : kencana prenada media group.

Sumartono.2015.http//portalgaruda. Org/model-pembelajaran-cooperativ-tipe scramble.di akses 17 september 2017.

Triwiyanto, teguh.2015. manajemen kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: PT. bumi aksara.

Published
2019-10-30
Section
Articles